Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula Periksa Mantan Kadisparbud Terkait Dana FTW

oleh -94 views
Link Banner

Porostimur.com, Sanana – Insepektorat Kabupaten Kepulauan Sula memeriksa mantan Kapala Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Sula Rizal Drakel terkait anggaran penari kolosal Festival Tanjung Waka (FTW) yang dilaksanakan pada 25 Maret 2022.

Pemeriksaan dilakukan keseluruhan pada laporan keuangan Dinas Pariwisata tahun Anggaran 2021, termasuk di dalamnya anggaran FTW dan lebih terinci pada anggaran honor penari dan lainnya yang menurut kabar yang beredar bahwa belum dibayarkan.

Pemeriksaan tersebut berlangsung di kantor Inspektorat di Desa Waihama Kecamatan Sanana, Kepulauan Sula, Maluku Utara pada Kamis (14/4/2022).

Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Sula Kamarudin Mahdi mengatakan, apabila hasil pemeriksaan terindikasi fraud atau penyajian laporan keuangan palsu secara sengaja dengan menghilangkan atau menambahkan jumlah tertentu untuk menipu pemilik dari laporan keuangan tersebut, maka akan diperintahkan untuk pengembalian dan akan dituangkan di dalam dokumen Naskah Hasil Pemeriksaan (NHP).

“Agar kemudian anggaran tersebut bisa dibayarkan kepada penari kolosal FTW dan juga kepada pekerja yang terlibat pada acara kegiatan FTW yang upah dan honornya belum terbayarkan,” ungkap Kamarudin.

Baca Juga  Laksanakan Sholat Jum’at Danramil Salahutu Sampaikan Imbauan Kepada Jama'ah

“Dan untuk pengembalian tersebut ada batasan waktu yang diberikan oleh Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP),” imbuhnya.

Lanjut Kamarudin, jika waktu beberapa hari diberikan setelah diterbitkannya NHP tidak juga ditindaklanjuti oleh yang bersangkutan maka inspektorat akan menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan kepada terperiksa (uditi) tidak juga melakukan pengembalian maka Inspektorat secara resmi akan menyerahkan dokumen LHP tersebut ke Aparat Penegak Hukum (APH) untuk selanjutnya dilakukan proses hukum,” tutupnya. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.