Investor Jepang Tertarik Kembangkan Sektor Perikanan di Maluku

oleh -40 views

Porostimur.com, Jakarta – Pemerintah mendorong peningkatan volume ekspor produk perikanan Maluku. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memfasilitasi pertemuan antara investor Jepang dengan pelaku usaha lokal.

“Saya akan dukung peningkatan ekspor tuna Maluku ke Jepang”, ungkap Kiyoshi Kimura, CEO Sushi Zanmai Jepang, dalam keterangan pers Kemlu pada Kamis (13/6/2024).

Kimura menyampaikan komitmen tersebut dalam pertemuan bisnis dengan salah satu eksportir ikan Maluku, PT Harta Samudera.

Sushi Zanmai siap untuk membentuk joint venture untuk memperkuat teknologi perikanan di Indonesia dengan mengirimkan kapal pengumpul ikan berkapasitas 19 Ton hingga 300 Ton. Kapal tersebut diharapkan dapat membantu penangkapan ikan yang lebih efektif dan efisien. 

“Kami juga siap untuk menerima pekerja perikanan dari Indonesia untuk dilatih,” kata Kimura.

Baca Juga  Jusuf Kalla dan Pemimpin Tertinggi Hamas Bahas Kondisi Terkini Palestina di Qatar

Direktur PT Harta Samudera Robert Tjoanda, berharap dukungan teknologi dari Jepang akan meningkatkan kualitas dan kuantitas tangkapan ikan tuna laut dalam guna membuka akses pasar lebih luas lagi. 

“Kami sangat terbuka untuk kerja sama dengan Jepang untuk dapat mengoptimalkan potensi ikan tuna yang masih sangat besar di Maluku ini,” kata Robert.

Pertemuan bisnis antara Sushi Zanmai dan PT Harta Samudra adalah bagian dari program perikanan berkelanjutan yang diselenggarakan oleh para peserta Sekolah Dinas Luar Negeri (Sesdilu) Angkatan ke-76.

No More Posts Available.

No more pages to load.