Irwannur Latubual Ternyata Gunakan Gelar Profesor Palsu dari Amerika

oleh -345 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Gelar profesor yang disandang Irwannur ternyata merupakan titel palsu yang didapat dari Amerika Serikat.

Hal ini dinyatakan Kabid Penmas Humas Polda Metro Jaya, AKBP I Gede Nyeneng saat jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Selasa, (5/11/2019).

“Jadi, kita telah lakukan pengecekan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) Republik Indonesia tentang gelar profesornya. Kita dapati gelar prof ini tidak terdaftar di Dikti. Jadi gelar Irwannur adalah palsu,” ujarnya.

Gede menjelaskan, dalam melakukan pemalsuan gelar profesor, pelaku terbilang cukup canggih. Pasalnya, titel profesornya itu juga tercantum di identitas KTP milik pelaku sendiri.

“KTP-nya asli, namun tersangka ini membuat identitas palsu dengan akte otentik di kelurahan. Jadi titel profnya itu tidak ketahuan palsu,” pungkas I Gede. Nyeneng.

Baca Juga  Usai Dibakar Karyawan Sendiri, DPRD Minta Panca Karya Lebih Selektif Dalam Merekrut Karyawan

Atas perbuatannya Irwannur Latubual dijerat pasal berlapis yakni Undang-Undang Darurat Pasal 2 Ayat 1 Nomor 12 Tahun 1951 ancaman hukumannya maksimal 10 tahun.

Pasal pemalsuan identitas (KTP). Terhadap Undang-Undang Dikti Nomor 12 Tahun 2012 dengan ancaman hukuman sama maksimal 10 tahun. Dan terkena pasal 263 dan 266 tentang pemalsuan data otentik.

I Gede juga mengatakan, dari hasil penyidikan kepolisian, telah dipastikan nomor plat B 1 RI atas nama Irwannur Latubual adalah palsu dan tidak tercantum di Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. (red/rtl)