Israel Cegah 2.500 Muslim Palestina di Gaza Naik Haji ke Makkah

oleh -17 views
Rezim Zionis Israel mencegah sekitar 2.500 warga Muslim Palestina di Jalur Gaza pergi ke Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji sekarang ini. Foto/REUTERS

Porostimur.com, Gaza – Rezim Zionis Israel mencegah sekitar 2.500 warga Muslim Palestina di Jalur Gaza pergi ke Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji sekarang ini.

Rezim Zionis, yang mengendalikan penyeberangan perbatasan Rafah, melarang ribuan jamaah Palestina meninggalkan wilayah Gaza.

Juru bicara Kementerian Wakaf Gaza Ikrami al-Mudallal mengeluhkan larangan tersebut.

Calon jamaah haji dari Gaza merupakan sepertiga dari total jamaah Palestina yang ingin menunaikan ibadah haji tahun ini.

Kantor pusat Kementerian Wakaf Gaza juga telah dihancurkan oleh Israel selama perang, yang secara dramatis berdampak pada kemampuan badan keagamaan tersebut dalam memfasilitasi perjalanan jamaah haji ke Makkah.

Al-Mudallal mengatakan kepada Anadolu bahwa larangan Israel terhadap ribuan jamaah Palestina meninggalkan Gaza merupakan pelanggaran yang jelas terhadap kebebasan beragama. Menurutnya, perang saat ini sangat memengaruhi perencanaan ibadah haji mereka termasuk pembicaraan logistik dengan Mesir dan Arab Saudi.

Baca Juga  Gelar Operasi Patuhi Kei Raha 2024, Polda Maluku Utara Bakal Gelar Sistem Hunting

Para calon jamaah haji dipilih melalui sistem undian yang diprakarsai oleh Kementerian Wakaf pada Maret 2023, karena terbatasnya jumlah jamaah dan blokade Israel selama bertahun-tahun di Jalur Gaza yang memprioritaskan orang lanjut usia dan orang sakit serta jadwal keberangkatan antara 20 Mei dan 2 Juni.

No More Posts Available.

No more pages to load.