Itjen Kemenag RI Gelar Pembinaan ASN di Lingkungan Kemenag Malut

Porostimur.com | Ternate: Inspektorat Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar kegiatan Pembinaan ASN di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, pada hari Rabu, 22 Januari 2020 di Aula Asrama Transit Haji Ngade.

Pada Kegiatan tersebut sebagai pemateri, Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal Kemenag RI, Dr. H. Hilmi Muhammadiyah, M.Si membawakan materi Sosialisasi Audit Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) pada Madrasah.

Dr. Hilmi saat menyampaikan materi menjelaskan bahwa sosialisasi Audit Dana Bos bertujuan agar para pengelola dana bos di madrasah-madrasah dapat lebih mempersiapkan apa-apa yang menjadi objek dari pada pemeriksaan atau audit tersebut.

Selain itu, Irwil III juga menginformasikan bahwa pada bulan Februari 2020, Itjen akan melaksanakan audit Biaya Opeasional Sekolah untuk Kabupaten Halmahera Barat dan Pulau Morotai.

Sebelumnya Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe dalam sambutannya menjelaskan bahwa dalam upaya menuju integritas pelaporan keuangan diperlukan sebuah audit dengan tujuan laporan lebih terpercaya atau akuntabel, “Disinilah peran Itjen sebagai pengaudit untuk menyingkap kesalahan pelaporan keuangan dalam hal pendampingan untuk diselesaikan”, jelasnya.

Lebih lanjut, H. Sarbin mengatakan bahwa pada akhir semester II tahun 2019, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara telah mendapatkan audit dari BPK RI. Kakanwil berharap semakin sering dilaksanakan audit, semakin meningkat pula kompetensi pengelola kegiatan dalam menjalankan tugasnya.

Terakhir H. Sarbin menyampaikan harapannya agar pendampingan Itjen dapat berkontribusi positif terhadap audit BPK di tahun 2020 ini. “Semoga Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara ikut menyumbang nilai yang baik, sehingga predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dapat diraih kembali oleh Kementerian Agama”, tutupnya. (adhy/inmas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: