Jabat Kepala BIN Maluku Utara, Kolonel Marinir ini Bakal Pecah Bintang di Ternate

oleh -628 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Berdasarkan keterangan tertulis Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah melakukan mutasi dan rotasi sejumlah perwira pada Rabu, 28 April. Ada 151 perwira dari tiga matra di TNI dimutasi dan dirotasi.

“Sebanyak 151 perwira yang dimutasi dan dirotasi ini terdiri dari terdiri dari 81 Pati TNI AD, 46 Pati TNI AL, dan 24 Pati TNI AU,” kata Kolonel Edys dalam keterangan tertulisnya yang diterima Porostimur.com, Ahad (2/5/2021).

Menurut Kolonel Edys, mutasi dan rotasi para perwira ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier. Serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Baca Juga  New Normal Libatkan TNI-Polri, Haris Azhar: Justru Ada yang Tak Normal

“Mutasi dan rotasi 151 perwira ini, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/350/IV/2021 tanggal 26 April 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia,” katanya.

Link Banner

Nah, dari 46 Pati TNI AL yang dimutasi dan dirotasi, salah satunya adalah Kolonel Mar Imam Sopingi. Ia dimutasi atau lebih tepatnya dipromosikan dari jabatannya sebelumnya sebagai Agen Madya pada Binda Jawa Timur Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kepala BIN Daerah (Kabinda) Maluku Utara pada Deputi Bidang Intelijen dalam Negeri BIN.

Biasanya, posisi Kabinda ini dipegang oleh perwira bintang satu. Maka, kemungkinan besar pangkat Kolonel Mar Imam Sopingi akan naik dari Kolonel menjadi jenderal bintang satu alias Brigadir Jenderal (Brigjen).

Baca Juga  Nekad Tiduri Suami Orang, Istri Sah Ngamuk Seret Pelakor Kejalan Kota

(red/kjc)