Jabatan Kaban PMPD Kabupaten SBB bakalan diganti?

oleh -57 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon :Setelah diputus vonis 1,6 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Ambon pada Kamis (18/1), Reionald Silooy akhinya harus merelakan jabatannya sebagai Kepala Badan (Kaban) Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Pasalnya, ada kemungkinan jabatannya bakalan dicopot dan digantikan dengan orang lain, usai keputusan hukum tetap dikantonginya, serta salinannya diberikan PN Ambon kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBB.

Silooy sendiri masih menyatakan pikir-pikir untuk mengambil upaya hukum banding pasca diputus bersalah oleh Ketua Majelis Hakim Tipikor.

Pemkab SBB sendiri, tidak mau bertindak gegabah dengan langsung melakukan pergantian jabatan dimaksud.

Apalagi, adanya keputusan Majelis Hakim Tipikor PN Ambon hanya dimuat dalam berita media massa, bukan dalam bentuk formal yang sudah diterima salinannya oleh Pemkab SBB.

Baca Juga  Peringati HUT RI dan Hari Bhakti, Lanud Pattimura gelar Fun Bike 2018

Hal ini dibenarkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) SBB, Mansur Tuharea, saat dihubungi Porostimur.com dari Ambon, Rabu (24/1).

”Belum ada keputusan hukum tetap. Kita belum tahu apakah yang bersangkutan (Silooy) banding atau tidak. Informasi terkait putusan hakim pun kita tahu dari media,” ujarnya.

Menurutnya, jika salinan putusan pengadilan sudah diterima pihaknya dan Silooy juga tidak melakukan upaya hukum berupa banding, jelasnya, maka pihaknya akan mengusulkan pergantian jabatan dimaksud kepada Bupati SBB, Drs. M. Yasin Payapo,M.Pd.

”Kalau ada keputusan tetap, akan ada penggantinya. Kita akan konsultasikan dengan Bupati. Setelah kita dapat salinan putusan, baru kita akan pikirkan siapa yang ganti beliau. Kita akan ajukan 3 nama, nanti yang diinginkan oleh Bupati seperti apa,” pungkasnya. (katherin)