Jadwal Imsakiyah Ramadan 2024 Wilayah Kota Ambon Menurut Muhammadiyah

oleh -68 views

Porostimur.com, Ambon – Seperti diketahui, Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 H jatuh pada Senin (11/3/2024).

Muhammadiyah juga telah merilis jadwal imsakiyah puasa Ramadhan 1445 H lengkap sebulan penuh untuk setiap daerah ibu kota provinsi dan sekitarnya di Indonesia.

Penetapan awal Ramadhan oleh Muhammadiyah berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis atau hisab hakiki wujudul hilal Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Menurut PP Muhammadiyah, pada Minggu (10/3/2024) atau bertepatan dengan 29 Syakban 1445 H, ijtimak menjelang Ramadhan 1445 H telah terjadi pada pukul 16.07.42 WIB.

Ijtimak adalah saat berakhirnya Bulan sebelumnya dan munculnya Bulan baru dalam penanggalan Hijriah.

Muhammadiyah menyebut, Bulan saat Matahari terbenam di Yogyakarta pada hari itu sudah berada di atas ufuk, sehingga dapat menjadi penanda awal bulan.

Baca Juga  Parpol Mulai Jaring Bakal Calon Bupati Kepulauan Sula, Ini 4 Nama Balon dari PKS

Pada waktu yang sama, Minggu, Bulan di banyak wilayah Indonesia juga berada di atas ufuk atau hilal sudah wujud.

Namun, kondisi Bulan ini dikecualikan untuk beberapa wilayah Indonesia Timur, seperti Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Berikut jadwal lengkap puasa Ramadhan 1445 selama satu bulan penuh untuk wilayah Kota Ambon dan sekitarnya dilansir dari suaramuhammadiyah.id:

No More Posts Available.

No more pages to load.