Jangan Berikan 7 Mahar ini Kepada Calon Istri, Haram Hukumnya!

oleh -87 views

Mahar merupakan pemberian wajib dari suami kepada istri karena dilakukannya prosesi akad nikah. Macam mahar yang diberikan tidak diatur secara spesifik, namun tentunya adalah benda yang bisa dimanfaatkan, seperti uang, barang, hafalan Al-Qur’an, dan lainnya.

Meski demikian, mahar yang diberikan juga tidak boleh sembarangan. Ada barang-barang yang tidak boleh dijadikan mahar. Simak penjelasan berikut mengenai 7 mahar yang dilarang dalam Islam.

Berikut ini tujuh mahar yang dilarang diberikan untuk calon istri yang dinikahi:

1. Benda yang Bukan Miliknya

Dikutip dari skripsi berjudul Mahar Dalam Perspektif Hadis dari Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, mahar yang tidak boleh diberikan adalah benda yang bukan milik mempelai laki-laki.

Baca Juga  Tendang Avanza-Brio-Sigra, Mobil Ini Jadi Raja Jalanan RI

Hal ini contohnya burung yang terbang bebas di udara, ikan di laut yang berenang bebas di laut, dan sebagainya. Masalah ini dijelaskan dalam kitab Al-Fiqhu Islamiy Wa Adillatuhu, yang berisi sebagai berikut:

َنْ یَسْلَمَ مِنَ اْلغَرَر،ِ فَلاَ یَجُوْزُ فِیْھِ عَبْدٌ اَ بِقٌ وَلاَ بِعْرٌ شَارِدٌ وَشِبْھُھُما

Artinya: “Bahwa benar mahar itu terhindar dari tipuan, maka tidak boleh mahar itu seorang hamba sahaya yang lari (hamba sahaya tersebut tidak ada di depan mata) unta yang sesat (unta yang tidak ada di depan mata) atau sesuatu yang serupa keduanya.”

No More Posts Available.

No more pages to load.