Jangan Panik! Begini Cara Merawat Anggota Keluarga yang Positif Covid-19

oleh -76 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Anggota keluargamu ada yang menunjukan gejala positif covid? Tenang, jangan panik dulu. Coba lakukan tes swab PCR dulu. Apabila hasil tesnya menunjukkan positif , segera lakukan 5 cara  ini untuk merawat anggota keluarga yang dinyatakan positif sekaligus melindungi diri sendiri agar tidak tertular.

1. Tidur di Kamar yang Berbeda

gunakan kamar tidur yang terpisah
Positif Covid/Foto: unsplash.com/Holly Stratton

Anggota keluarga yang positif Covid harus tidur di kamar yang terpisah dengan kamu dan anggota keluarga yang negatif. Tempatkan di kamar yang punya ventilasi udara dan pencahayaan yang bagus. Sediakan obat-obatan, vitamin, oxymeter, dan thermometer di kamar itu juga supaya mereka mudah untuk memantau kondisi diri sendiri.


2. Gunakan Kamar Mandi dan Peralatan Makan yang Berbeda

pisahkan kamar mandi dan peralatan makan
Isolasi mandiri/Foto: freepik.com/Vanitjan

Selain kamar tidur, kamar mandi dan peralatan makan yang digunakan juga harus terpisah. Bahkan peralatan mandi seperti sabun, pasta gigi, dan sampo harus terpisah dan disimpan di tempat yang terpisah juga, nggak boleh dipakai sama-sama. 

Baca Juga  Habiskan 4 Milyar, Masjid An Nur Gagal Konstruksi. Ini Reaksi Masyarakat Pohea

Kalau di rumah kamu hanya ada satu kamar mandi, sering-seringlah membersihkannya dengan desinfektan setiap kali selesai digunakan anggota keluarga yang positif Covid-19. 

Nah, untuk peralatan makannya juga sama. Cuci dengan menggunakan spons cuci piring yang berbeda dan simpan di tempat yang terpisah. Jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan saat mencucinya. Setelah itu segera cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Memang agak ribet sih, tapi ini salah satu cara untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19.


3. Pisahkan Cucian Baju Anggota Keluarga yang Positif Covid-19

Gunakan sarung tangan saat mencuci pakaian pasien covid-19
Vaksin Covid/Foto: unsplash.com/Daniel Spase

Saat mencuci pakaian, kamu juga harus memisahkan pakaian anggota keluarga yang positif Covid-19 supaya nggak bercampur. Gunakan sarung tangan dan masker saat mencucinya. Sebelum masuk ke mesin cuci, sebaiknya pakaian mereka kamu rendam dulu dengan deterjen.

Baca Juga  Sudah Tayang di Bioskop Kota Ambon. Ini Sinopsis The Craft: Legacy, Petualangan Empat Penyihir Remaja

Setelah mencuci pakaian mereka, jangan lupa untuk cuci tangan lagi, ya.


4. Sediakan Makanan Bergizi

sediakan makanan bergizi untuk pasien covid-19
Positif Covid-19/Foto: unsplash.com/Louis Hansel

Meskipun sudah suntik vaksin Covid, kemungkinan untuk tertular lagi akan selalu ada. Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar selalu dalam keadaan sehat adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Apalagi buat yang dinyatakan positif Covid-19 setelah di tes swab PCR.

Nah, supaya  proses penyembuhan anggota keluarga yang positif bisa lebih cepat, kamu bisa menyediakan makanan yang bergizi lengkap dengan sayur dan buah-buahan. Selain membantu mereka agar bisa cepat pulih, makan makanan yang bergizi juga menjaga tubuh kamu agar tetap sehat. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin atau suplemen sesuai yang dianjurkan.

Baca Juga  Datang dari Tidore, Rizki Fajar Libas Nickey Hayden di Yamaha Sunday Race (YSR) 2019 Seri 2


5. Pantau Kondisi Anggota Keluarga yang Positif Covid-19

rutin memeriksa kondisi pasien
Tes swab/Foto: unsplash.com/Kelly Sikkema

Cara yang satu ini juga nggak kalah penting. Pantau terus kondisi anggota keluarga yang positif Covid-19 tersebut seperti rutin mengecek kadar saturasi oksigen, suhu tubuh, dan gejala yang lain. Apabila kondisinya semakin parah, segera bawa ke rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.