Jangan Pernah Remehkan Doa, Ini Kata Imam Syafi’i

oleh -56 views

Kedudukan berdoa dalam Islam sangat mulia dan Allah sangat mencintai orang yang bersandar kepada-Nya. Bahkan dalam Hadis, Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda bahwa doa merupakan senjata orang beriman.

Karena itu, jangan pernah meremehkan doa, apalagi merasa bahwa doa yang dipanjatkan itu sia-sia. Dalam Al-Qur’an, Allah berjanji bahwa Dia akan memperkenankan doa hamba-Nya.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS Ghafir: 60)

Syair Indah Imam Syafi’i
Betapa dahsyatnya kekuatan doa hingga Imam Syafi’i (150-204 H) menyampaikan sebuah syair yang indah tentang keutamaan doa. Beliau berkata:

أَتَهْزَأُ بِالدُّعَاءِ وَتَزْدَرِيه؟ وَمَا تَدْرِي بِمَا صَنَعَ الدُّعَاءُ ,سِهَامُ اللَّيلِ لا تُخْطِي . وَلَكِنْ لَهَا أَمَدٌ وَلِلْأَمَدِ انْقِضَاءُ

“Apakah engkau mengejek dan meremehkan do’a ? Engkau tidak tahu apa yang mampu dilakukan oleh doa. Ia ibarat anak panah yang dilepaskan di malam hari (dua tangan yang menadah pada Allah di malam hari), tidak akan meleset. Akan tetapi anak panah itu ada waktunya untuk mengenai (sasaran), dan setiap tujuan pasti memiliki akhir perhentian.” (Imam Asy-Syafi’i)

Sahabat Nabi yang dijamin masuk surga, Sayyidina Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu pernah berkata: “Sesungguhnya aku tidak mengkhawatirkan tentang dikabulkanya doa, namun Aku khawatir hilangnya keinginan untuk berdoa.” (Fatawa Aqidah, Fadh bin Nashir)

Baca Juga  Lelang 6 Jabatan Pimpinan OPD di Pemprov Maluku Utara Sepi Peminat

Begitu banyak Dalil yang memerintahkan umat muslim berdoa. Allah berjanji akan memperkenankan doa hamba-Nya, akan tetapi Dia tidak menetapkan waktu diperkenankan-Nya itu. Karena itu, jangan pernah menuntut doa itu segera dikabulkan karena Allah lebih mengetahui mana yang terbaik bagi hamba-Nya.

اُدۡعُوۡا رَبَّكُمۡ تَضَرُّعًا وَّخُفۡيَةً‌ ؕ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الۡمُعۡتَدِيۡنَ‌

Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS Al-A’raf Ayat 55)

Demikian keutamaan berdoa yang patut kita ketahui. Hendaknya seorang muslim berprasangka baik (husnuzzhan) kepada Allah bahwa doa yang kita panjatkan akan dikabulkan Allah.

sumber: sindonews

No More Posts Available.

No more pages to load.