Jaringan Survey Nusantara Rilis Hasil Survei Pilkada SBT 2020

oleh -129 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Jaringan Survei Nusantara (JSN) merilis hasil survei terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) SBT 2020 yang bertajuk Dukungan Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati Menjelang Pilkada SBT 2020 yang dibawakan oleh direktur riset JSN, Riyanda Barmawi (3/12/2020).

Berdasarkan temuan survei yang dilakukan pada 15 -25 November 2020 lalu, didapatkan pada pertanyaan terbuka (top of mind), pasangan Fachri-Arobi dan Abdul Mukti – Idris bersaing ketat sedangkan pasangan Rohani-Ramly dibwah 20% dengan elektabilitas dari masing-masing kandidat sebagai berikut: Fachri Alkatiri dan Arobi Kelian (35,4), Abdul Keliobas dan Idris Rumalutur (32,2%) serta Rohani Vanath dan Ramly Mahu (18,5%).

Uji simulasi pada pertanyaan tertutup dengan menyebutkan tiga nama paslon bupati dan wakil bupati masih menempatkan Fachri-Arobi unggul dengan elektabilitas 36,8% dan Abdul-Idris 34,8% dan Rohani-Ramly 20,9% serta sisanya massa yang belum menentukan pilihan.

Baca Juga  Tim SAR Temukan Nelayan Dalam Keadaan Selamat di Perairan Pulau Ut

“Menurut temuan kami, elektabilitas pasangan Abdul-Idris ini sedikit menurun karena kinerja pertahanan mereka” ungkap Riyanda.

Survei ini dilakukan dengan menggunakan metodologi Stratified Random Sampling dan Cluster Random Sampling yang melibatkan 600 orang responden ini juga terlihat bahwa kedikenalan & kesukaan dari tiap-tiap paslon, Abdul Mukti Keliobas yang paling populer atau dikenal masyarakat dan Fachri Husni Alkatiri paling disukai.

Dalam evaluasi kinerja pertahanan, secara umum masyarakat SBT sebanyak 46,9% sangat puas/cukup puas sedangkan 45,4% kurang puas/tidak puas sama sekali dengan kerja Abdul Mukti Keliobas sebagai Bupati. Untuk kinerja Wakil Bupati, Fachri Husni Alkatiri sebanyak 53,4% sangat puas/cukup puas sedangkan 35,1% kurangpuas/tidak puas dg kinerjanya.

Baca Juga  Warga Desa Wailau Digemparkan dengan Penemuan Seekor Buaya

“Dari hasil temuan kami, pasangan Fachri-Arobi unggul dalam survei terbaru JSN di Kabupaten SBT dan sebagai pertahanan Abdul Keliobas di urutan kedua. Pertahanan dengan elektabilitasnya dibawah 40%. Sangat terbuka potensi pertahanan Abdul Mukti Keliobas kalah dalam Pilkada 2020, sedangkan untuk pasangan Rohani-Ramly berada di urutan ketiga dengan dukungan berjarak diatas 10% dgn kedua pasangan lainnya”, ujar Riyanda. (alena)