Jelang Natal dan Tahun Baru, BPOM di Ambon Intensifkan Pengawasan Pangan

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Balai POM di Ambon terus berupaya menjamin keamanan produk obat dan makanan yang beredar di masyarakat tetap aman.

Tidak hanya dari hulu, tapi juga sampai hilir, agar keamanan pangan yang dikonsumsi masyarakat dapat senantiasa terjaga.

Dalam rangka upaya Badan POM untuk melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan, seperti biasa, menjelang hari-hari besar keagamaan, Balai POM di Ambon Kembali melakukan kegiatan intensifikasi pangan jelang Natal dan Tahun baru.

Kegiatan intensifikasi ini dilakukan tidak hanya di Kota Ambon, tapi juga di 6 Kabupaten yakni Kab. Maluku Tengah, Kab. Buru, kab Buru Selatan, Kab. Kepulauan Aru, dan Kab Seram Bagian Barat.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan di sarana distributor (gudang) tapi juga sampai ke ritel / kios.

Baca Juga  Terjebak Nostalgia? Ini 3 Trik Jitu Menghapus Trauma dalam Hubungan Percintaan

Dalam kegiatan ini, diperiksa mulai dari proses penyimpanan sampai pada proses distribusi produk pangan ke tangan konsumen.

Dari total 73 sarana yang diperiksa, ditemukan sekitar 13 sarana yang masih menjual produk pangan yang tidak memenuhi ketentuan seperti pangan kadaluarsa, kemasan rusak, dan tanpa ijin edar.

Untuk produk hasil temuan, langsung dimusnahkan di tempat dan  dilakukan pembinaan agar ke depannya pemilik sarana tidak melakukan kesalahan yang sama.

Untuk menjaga keamanan petugas Badan POM dan mencegah meluasnya pandemi Covid-19, dalam melaksanakan Intensifikasi pangan ini, maka setiap petugas wajib selalu mengikuti protokol Covid-19, yakni menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan minimal masker dan sarung tangan serta menerapkan higienie personal; melakukan pembatasan jarak fisik (physical distancing) dengan menjaga jarak antar personel minimal 1 meter, serta menghindari kerumunan banyak orang.

Baca Juga  Putuskan Mata Rantai Covid-19, Puskesmas Kayoa Halsel Lakukan Sosialisasi Vaksinasi

Kepla Balai POM di Ambon Dra Hariani Apt menghimbau agar pelaku usaha meningkatkan pengawasan internal dengan mengontrol produk agar tidak ditemukan produk yang rusak dan kadaluarsa.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk terus cerdas sebagia konsumen dengan Cek KLIK sebelum membeli produk, yaitu cek Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa (alena)