Jelang Natura, ASDP Ambon Siagakan Lima Kapal Ferry Jalur Hinumua-Waipirit

oleh -136 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam rangka mendukung kelancaran arus penumpang dan barang jelang liburan Natal dan Tahun Baru 2021, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon menyiagakan lima kapal di jalur penyeberangan pelabuhan Hunimua Pulau Ambon menuju pelabuhan Waipirit di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Manajer Operasional ASDP Cabang Ambon Syamsuddin Tanassy mengatakan, lima kapal tersebut, masing-masing tiga milik ASDP dan dua lainnya milik PT Panca Karya Tiga.

“Kapal ferry milik ASDP, yakni KM.Trubuk, KM.Inalika, dan KM Rokatenda dan dua kapal milik PT Panca Karya Tiga, yaitu KM. Sardinela dan KM Tanjung Kuako, dengan sistem operasi kapal empat-satu, artinya empat kapal beroperasi satu perawatan,” katanya di Ambon, Rabu (16/12/2020.

Baca Juga  Sehari Jelang Idul Adha, Harga Barito dan Daging di Kota Ambon Cenderung Stabil

Tanassy bilang, mulai hari ini, Rabu 16 Desember, jadwal keberangkatan dikembalikan lagi ke semula, yakni mulai beroperasi pukul 06.00 WIT hingga pukul 19.00 WIT.

“Nanti kita akan lihat kondisi di lapangan, terutama arus mudik, sebab liburan Natal 25 Desember 2020 dan Tahun baru 2021 sekarang ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya, karena kondisi sekarang ini masih pandemi COVID-19,” katanya.

Menurut Syamsuddin, di setiap pelabuhan penyeberangan ASDP dilakukan protokol kesehatan sesuai dengan aturan. “Pada prinsipnya ASDP Ambon tetap mendukung liburan Natal dan Tahun baru bagi saudara-saudara kita yang beragama Nasrani agar semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Selain untuk lintasan Hunimua-Waipirit, ASDP juga menyiapkan dua kapal, masing-masing KM. Wayangan dan KM. Temi untuk jalur pelabuhan Galala, Ambon dan Namlea, Buru, dengan pengoperasian sistem “crossing”, satu dari Galala dan satu lainnya dari Namlea.

Baca Juga  6 Perbandingan NMAX, PCX dan ADV yang Perlu Diketahui, Mana Paling Unggul?

“Untuk lintasan Waai-Uneputy-Nalahia-Inamarina (Masohi) dilayani KM Samandar, hanya saja sejak tanggal 11 Desember disisirkan untuk jarak terdekat, yakni Waai-Uneputi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan umat Nasrani dari Ambon menuju Pulau Saparua sangat dominan pada liburan Natal dan Tahun baru, karena itu pihaknya selalu memantau kesiapan kapal penyeberangan. Sedangkan lintasan dari Pulau Seram ke Saparua disiapkan KM Pelayur pada jalur Wailei dan Uneputi. (alena)