Jelang Natura, BMKG Himbau Warga Malut Waspadai Gelombang Tinggi

Porostimur com | Ternate: Menjelang Hari Natal tahun 2019 dan memasuki Tahun Baru tahun 2020, warga di Maluku Utara dihimbau agar waspada terhadap adanya gelombang tinggi yang akan menerjang sebagian wilayah di provinsi tersebut.

Demikian rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas I Sultan Babullah Ternate, Minggu (8/12).

Kondisi gelombang tinggi yang signifikan di perairan Malut, secara umum masih berkisaran antara 0,5 hingga 2,5 meter.

“Gelombang tinggi akan terjadi di daerah perairan Halmahera Utara, Halmahera Timur, dan sebelah utara Pulau Morotai, Pulau Gebe, Tobelo, perairan Ibu dan Batang Dua. Di perairan ini yang cukup tinggi sampai 2,0 meter,” kata Prakirawan BMKG Stasiun Kelas I Sultan babullah Ternate, Vianca Adjie Dwi Putra dalam rilis itu.

Sementara untuk kecepatan angin, menurut dia, Malut saat ini berkisar 5 hingga 30 km/jam, yang bertiup dari arah barat daya hingga barat laut. Untuk kondisi cuaca secara di wilayah Malut hingga beberapa hari kedepan cukup kondusif.

“Berawan dan hanya terjadi potensi hujan lokal di beberapa wilayah. Namun, masyarakat Malut tetap waspada adalah tinggi gelombang dibeberapa perairan. Bukan saja itu, akan ada angin kencang yang sangat berhubungan erat dengan gelombang tinggi itu,” ungkap Dwi Putra. (red/adhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: