Jelang Pelantikan Pengurus, Pemuda Ansor Temui Kapolda Maluku

oleh -12 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Maluku, sambangi Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si, di ruang kerjanya, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (4/2/2021).

Kedatangan Pemuda Ansor Maluku dipimpin Ketua Wilayah, Ridwan Nurdin. Ia didampingi Sekretaris Wilayah, Masyhuri Maswatu, dan Ketua Panitia Pelantikan Pengurus GP Ansor Maluku, Al Walid Muhammad.

“Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk bersilaturahmi serta beraudiensi dengan bapak Kapolda Maluku,” kata Ridwan.

Ridwan mengaku, selain ingin bersilaturahmi, kedatangan pihaknya juga untuk memberitahukan rencana pelaksanaan kegiatan pelantikan pengurus GP Ansor pada Maret 2021 mendatang.

“Tujuan kami datang adalah untuk menyampaikan bahwa gerakan pemuda Ansor akan melaksanakan pelantikan pada bulan Maret,” terangnya.

Ia menyebutkan, GP Ansor sebagai garda terdepan telah merancang berbagai program strategis untuk mengatasi dan mengurangi angka penyebaran Covid-19 di Maluku.

“Dalam hal itu kami telah melakukan beberapa kegiatan bantuan sosial dengan memberikan alat pengukur suhu tubuh dan masker untuk dibagikan kepada masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona,” katanya.

Ridwan mengingkapkan, dari pengamatan pihaknya, sebanyak 93 persen masyarakat Maluku tidak percaya dengan keberadaan virus pandemi Covid-19.

Baca Juga  Sinopsis Little Women, Film Nominasi Oscar 2020

“Untuk itu kami berkeinginan untuk mendukung program pemerintah terkait vaksin dan perlu disosialosasikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, aktivitas rutin yang kerap dilaksanakan adalah pengajian Fiki pada malam Rabu dan Jumat. Pengajian rutin dilaksanakan karena GP Ansor menemukan dan mendapat informasi terkait radikalisme maupun intoleransi.

“Olehnya itu kita sangat berkeinginan untuk bekerjasama dengan Polri agar membatasi ruang radikalisme dan intoleransi yang ada di Maluku,” harapnya.

Di sisi lain, Ridwan juga menyinggung terkait rekrutmen anggota Polri, agar diharapkan bisa merekrut putra putri Maluku berlatar belakang agama yang bagus.

“Terkait rekrutem bintara polisi kami mengharapkan ada putra putri Maluku yang berlatar belakang agama yang bagus untuk menjadi anggota Polri. Kami berharap untuk Polda Maluku dan Ansor memiliki satu frekuensi,” harapnya.

Baca Juga  Ingin Dekat Dengan Fans, Atlet Ski Cantik ini Umbar Nomor HP di Twitter

Kapolda didampingi Direktur Binmas, Kabid Humas dan perwakilan Direktur Intelkam Polda Maluku menyambut baik kedatangan GP Ansor.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini meminta agar pelantikan pengurus GP Ansor nanti dapat memperhatikan protokol kesehatan dan jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan nanti.

“Selamat datang di Polda Maluku, terima kasih atas kehadiran bapak-bapak untuk bersilaturahmi,” kata Kapolda.

Kedatangan GP Ansor, diharapkan juga bisa memberikan masukan dan harapan masyarakat terhadap apa yang dilakukan oleh Pemerintah, TNI dan Polri di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Kami sudah melakukan langkah-langkah agar masyarakat paham dan mengerti dengan melakukan Operasi Aman Nusa II dengan memberikan himbauan dan sosialiasi penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kapolda mengaku Polda dan Ansor sudah satu frekuensi, yaitu keinginan, tujuan dan harapan yang sama. Hanya saja belum dilaksanakan pada waktu atau tempat yang sama.

“Itu bukan menjadi masalah. Yang terpenting adalah tujuan kita untuk membangun negeri ini,” terangnya.

Baca Juga  KRI Tanjung Kambani 971 Angkut Satgas Pamrahwan Maluku

Menanggapi masalah kelompok radikal, jenderal bintang dua Polri di Maluku ini mengaku pihaknya sudah memberikan sejumlah sentuhan serta penggalangan, baik terhadap orang per orang maupun kelompok-kelompok.

Mengenai informasi atau berita hoax yang kerap berseliweran di media sosial, mantan Kakorlantas Polri ini mengaku, pihaknya telah memiliki tim siber untuk membatasi, maupun menekan permasalahan yang terjadi.

“Media sosial ini merupakan Primadona. Untuk itu kita Polda Maluku mempunyai tim Siber untuk membatasi atau menekan permasalan di media sosial, penyebaran berita Hoax, ujaran kebencian dan radikalisme,” jelasnya.

Menanggapi proses rekrutmen di tubuh Polri, orang nomor 1 Polri di Maluku itu mengaku dilakukan sudah sesuai dengan standar nasional.

“Semoga dengan segala niat baik itu akan menghasilkan kebijkan juga. Terima kasih atas silaturahmi yang dilaksanakan pada saat ini. Dengan begini kita dapat bertukar pikiran dan pendapat agar ke depan menjadi lebih baik,” harapnya. (valen)