Jelang Pemilu, DPRD Tikep Jadwalkan 5 Kali Plesiran

oleh -39 views

Porostimur.com, Tidore – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Tidore Kepulauan mengagendakan sejumlah perjalanan dinas dalam bulan Januari hingga Februari 2024 dengan tujuan koordinasi dan konsultasi tugas-tugas pemerintah daerah.

Para wakil rakyat mengagendakan lima kali plesiran, sebagaimana tertuang dalam 19 penetapan agenda kerja dan jadwal kegiatan DPRD Kota Tidore nomor 100.3.37/01/02/2024 pada tanggal 3 Januari 2024.

Meskipun tidak tertulis apa yang mereka konsultasikan dan koordinasikan dalam agenda perjalanan dinas tersebut, tetapi tanggal perjalanan telah ditetapkan DPRD.

Untuk diketahui perjalanan dinas 25 anggota DPRD dalam tahapan kampanye ini, dimulai pada 5-7 Januari 2024, sementara dalam daerah pada 13-17 Januari 2024.

Sedangkan koordinasi dan konsultasi tugas pemerintahan daerah pada 21-25 Januari 2024. Bahkan agenda perjalanan dinas dalam daerah juga teragendakan usai pemilihan legeslatif 14 Februari 2024.

Sesuai agenda paska pemilihan legislatif dengan judul kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD dalam daerah yang dilakukan pada 17-21 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan rapat alat kelengkapan pada 22-23 Februari 2024, dan dilanjutkan lagi perjalanan koordinasi dan konsultasi tugas Pemerintah daerah pada 25-29 Februari 2024.

Baca Juga  Minat Tinggi Sepanjang Hari, Suzuki Tuai Atensi Positif Pengunjung IIMS 2024

Bahkan dari agenda kerja dan jadwal kegiatan DPRD Kota Tidore Kepulauan telah ditandatangani Ketua DPRD Tikep Abdurahman Arsyad.

Tak hanya itu, sejumlah wakil rakyat akan mengagendakan libur bersama pada 13-16 Februari 2024 dalam cuti pemilihan umum, guna memastikan nasib mereka masih terpilih atau tidak terpilih lagi.

Berdasarkan jadwal yang ditetapkan, maka DPRD akan kembali mengagendakan tugas-tugas kerja mereka pada tanggal 1 Maret 2024 untuk melanjutkan agenda pada sisa masa persidangan II bulan Maret-April.

Informasi ini dibenarkan Sekretaris dewan DPRD Tidore Kepulauan, Abdurahim Ahmad ketika dikonfirmasi melalui via WhatsApp Minggu (7/1/2024).

“Terkait agenda DPRD, langsung ke pimpinan karena pimpinan adalah jubir DPRD,” ujar Abdurahim.

Baca Juga  De Rossi Start Sip di Roma, Totti Kasih Pujian dan Candaan

Ketua DPRD Tidore Kepulauan Abdurahman Arsyad menyampaikan, perjalanan dinas ke Jakarta untuk menkonsultasikan terkait dengan paska berakhirnya periode Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

“Biasanya ke Jakarta ada dua agenda, baik alat kelengkapan Komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, dan Badan Kehormatan, lalu disampaikan ke pimpinan” tuturnya.

Dari keberangkatan nantinya, kata Abdurahman, belum tentu semua komisi diberangkatan semua, sebab RPJPD ini berdasarkan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan strategi nasional.

“Ini penting sekali, karena berkaitan dengan langsung dengan jangka panjang daerah. Tapi ada agenda tambahan, khususnya untuk alat kelengkapan DRPD, baik itu Komisi, Banmus, dan Badan Kehormatan,” terangnya.

Penetapan agenda ini, semua anggota DPRD akan berkonsultasi dengan mitra kerja di kementerian masing-masing, namun tergantung urgensitas konsultasi tersebut.

Baca Juga  Polres Ternate Ringkus Pemuda 19 Tahun TErduga Pengedar Ganja

Ketika ditanya jadwal keberangkatannya, kata Abdurahman, langsung koordinasi ke Kabag Persidangan DPRD agar bisa disampaikan tanggal yang telah ditetapkan, jangan di bilang salah lagi.

Meski keberangkatan perjalanan dinas ke luar daerah selama tahapan kampanye, namun tetap wakil rakyat melakukan konsultasi demi kepentingan untuk daerah ini.

“Kalau soal kampanye itu, masing-masing anggota DPRD, maupun Partai. Jadi hal itu penting, sehingga DPRD harus didahulukan agenda tersebut,” ungkapnya.

Diketahui pada 8 Januari 2024, akan dijadwalkan melakukan rapat alat kelengkapan dengan mitra kerjanya masing-masing.

Ketika disentil anggaran ke luar daerah selama lima hari dalam bulan Januari-Februari, ia tidak sebut jumlahnya dan diarahkan untuk ditanyakan ke bagian keuangan. (Mansyur Armain)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.