Jelang Ramadhan, Disperindag Maluku gelar pasar murah

oleh -38 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Guna memenuhi kebutuhan pokok bagi masyarakat di Kota Ambon dan sekitarnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku menggelar acara pasar murah di halaman parkir lokasi kantornya, Senin (7/5).

Dalam sambutannya, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Maluku, Hamin bin Thahir, menegaskan sangat diharapkan satu komunikasi sosial yang harmonis dalam menjalani rasa kebersamaan dan sepenanggungan, karena Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan.

”Dengan demikian, melalui ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini, selain lebih meningkatkan iman dan taqwa umat Islam kepada Allah, juga meningkatkan tolrenasi dan kepedulian kaum Muslimin berdasarkan penderitaan yang sedang dialami fakir miskin, yang tentunya akan mendorong tekad dan semangat untuk dapat menyantuni fakir miskin dalam bentuk kepedulian sosial,” ujarnya.

Baca Juga  Kadispora: Tidak Ada Persyaratan Tambahan Bagi Bacapas Morotai Tahun 2020

Momentum menunaikan puasa, jelasnya, juga mengajak kaum Muslimin untuk menghargai perbedaan yang terjadi dalam kehidupan ini, sehingga memperkokoh dan mempererat hubungan kekerabatan yang dijiwai dan dituntut oleh nilai Islamiah.

Link Banner

”Dalam memasuki Bulan Ramadhan nantinya, stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku masih bisa mencukupi dan tersedia dalam jumlah yang cukup. Ini semua adalah hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perindustrian yang telah membangun koordinasi secara terus-menerus dengan beberapa kota besar,” jelasnya.

Sesuai data yang ada, tegasnya, ternyata ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat dalam menyambut datangnya bulan suci ini tersedia dalam jumlah yang cukup.

Untuk itu dirinya berharap semua pihak terutama para distributor, para pedagang pengecer dan lainnya agar tidak melakukan spekulasi sehingga tidak terjadi lonjakan.

Melengkapi sambutan Thahir tadi, Kepala Dinas (Kadis) Perindag Provinsi Maluku, Elvis Pattiselano, menjelaskan bahwa pelaksanaan Pasar Murah didasarkan atas Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku 2014-2019.

Baca Juga  Tukin Tak Dibayar, Tenaga Medis RSUD Chasan Boesoirie Mogok Kerja

Dimana, salah satu misi yang ingin dicapai adalah mewujudkan masyarakat Maluku yang sejahtera, yang dijabarkan dalam 3 Program Strategis, yaitu terpenuhinya kebutuhan masyarakat, penguatan ekonomi daerah serta pemberdayaan masyarakat.

Selain pasar murah yang digelar pihaknya 7-9 Mei, tambahnya, juga dilaksanakan mobile pasar murah pada 2 kecamatan yaitu Kecamatan Leihitu pada tanggal 8 Mei dan Kecamatan Salahuttu pada tanggal 9 Mei.

”Maksud dan tujuan pelaksanaan pasar murah ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pengusaha, dalam hal ini para distributor untuk berpartisipasi membantu Pemprov Maluku dengan menjual kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang terjangkau dan meringankan beban masyarakat terutama kaum Muslimin, untuk memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dalam menyambut datangnya bulan suci,” pungkasnya. (febby)