Jelang Ujian Madrasah, Kemenag Halsel Gelar Kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Selatan melalui Seksi Pendidikan Islam menggelar kegiatan koordinasi dan sosialisasi ujian madrasah tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh Kepala Madrasah MI, MTs dan MA se- Kabupaten Halsel bertempat di aula FKUB Kab. Halmahera Selatan. Senin (22/2/2021).

Kepala Kantor H. La Sengka La Dadu, saat membuka kegiatan mengajak kepada para kepala madrasah untuk melakukan supervisi baik administrasi maupun supervisi akademik proses pembelajaran para guru, hal ini dimaksudkan agar penataan dan perkembangan pendidikan di madrasah akan semakin baik kedepan.

Lebih lanjut, Kakan Kemenag menyampaikan didalam pelaksanaan proses pembelajaran dari dulu sampai sekarang, hanya berubah itu pada sebagian kecil saja yang berubah, tapi metodologi pembelajaran tidak berubah yang ada hanya penambahan metodelogi.

Baca Juga  Media Australia Soroti Polemik Anies Mirip Gubernur New York

Sementara itu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Husain Jafar saat dimintai informasi terkait kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut untuk memberikan pemahaman dan informasi terkait dengan perubahan penyelenggaraan ujian. Berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor : B-298/DJ.I/PP.00/02/2021 tentang penyelenggaraan kelulusan dan kenaikan kelas, maka pada tahun ini Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAM-BN) ditiadakan dan diganti dengan Ujian Madrasah (UM).

Dalam SE Dirjen Pendis tersebut, peserta didik dinyatakan lulus dari madrasah apabilah telah menyelesaikan program pembelajaran pada masa pandemic Covid- 19 yang dibuktikan dengan raport tiap semester, selanjutnya peserta didik memperoleh nilai sikap/prilaku minimal baik, kemudian peserta mengikuti UM yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam hal ini madrasah.

Baca Juga  Pegawai Diliburkan, Kakanwil Kemenag Malut Pesan Tiga Hal Ini

“Untuk bentuk dan teknis pelaksanaan ujian madrasah berpedoman pada Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor : 752 Tahun 2021 Tentang prosedur operasional standar penyelenggaraan ujian madrasah tahun pelajaran 2020/2021,” ujarnya.

Kasi Pendis Husain Jafar juga menjelaskan terkait dengan persiapan pelaksanaan ujian madrasah, setelah kegiatan koordinasi dan sosialisasi ujian madrasah dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan penyusunan naskah soal ujian madrasah yang diikuti oleh seluruh guru mata pelajaran dengan pemateri dari Bidang Pendis Kanwil Kementerian Agama Prov. Maluku Utara yakni Kepala Seksi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Jamaluddin Sehat. (adhy)