Jeng Sri Bawa Kabar Baik, PNS Cek Rekening!

oleh -188 views
Link Banner

Porostimur.com, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan segera mencairkan gaji ke-13 PNS dengan alokasi anggaran Rp 11,5 triliun untuk 1,79 juta ASN di lingkunan pemerintah pusat.

Sedangkan, Rp 15 triliun untuk 3,65 juta ASN di daerah, serta sebesar Rp 9 triliun kepada 3,32 juta orang pensiunan.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada aparatur negara, TNI dan Polri yang melaksanakan tugas selama masa pandemi serta menjaga pelayanan dengan mengawal proses pemulihan ekonomi,” ujarnya melalui saluran virtual, Selasa (28/6) Juni.

Sri Mulyani mengungkapkan alokasi anggaran gaji ke-13 sudah masuk dalam postur APBN 2022 di sektor belanja negara.

Dia juga menerangkan jika gaji ke-13 bagi ASN daerah merupakan bagian dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan dapat disesuaikan dengan kemampuan fiskal masing-masing pemda dengan mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Baca Juga  Pospol KPPP Saumlaki Terus Tingkatkan Pengamanan Pelabuhan dan Keselamatan Pelayaran

“Pembayaran dapat mulai dilaksanakan mulai 1 Juli 2022,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani menyebut gaji ke-13 diberikan sebesar satu bulan gaji atau nilai pensiun pokok dan tunjangan yang melekat, seperti tunjangan keluarga, pangan, dan jabatan.

“Serta 50 persen dari tunjangan kinerja per bulan kepada yang mendapatkan tunjangan kinerja,” tegasnya.

Adapun bagi pemerintah daerah, paling banyak 50 persen penghasilan dengan memperhatikan kemampuan kapasitas fiskal daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Gaji ke-13 cair jelang tahun ajaran baru sekolah. Ini merupakan wujud penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan para pensiunan yang telah melayani masyarakat,” pungkas Sri Mulyani.

(red/genpi)