Jika Terpilih Sebagai Bupati, ini 7 Program Prioritas Zulfahri Duwila Bangun Kabupaten Kepulauan Sula

oleh -96 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Calon Bupati Kepulauan Sula yang juga wakil bupati aktif saat ini Zulfahri Abdullah Duwila menyampaikan 7 program Prioritas pembangunan Kabupaten Kepulauan Sula yang akan dilaksanakan bila dirinya terpilih pada Pilkada 2020 nanti.

Menurutnya, program prioritas penting bagi upaya menata pembangunan, sehingga pemerintah memiliki ukuran dan panduan yang jelas dan terukur mengenai tujuan pembangunan yang akan dicapai oleh sebuah pemerintahan.

Berikut rinciannya 7 program prioritas yang dirancang Zulfahri, sebagaimana disampaikan kepada porostimur.com, Minggu (22/12/2019).

Pertama, peningkatan kualitas Aqidah dan Akhlak Keagamaan yang meliputi penegakan hukum, pembangunan sarana ibadah dan pembinaan LPTQ bagi masyarakat Kepulauan Sula.

Link Banner

“Menyediakan sarana ibadah merupakan upaya penegakkan syariat Islam, makanya kita akan bangun tempat ibadah di desa-desa,” kata Zulfahri.

Kedua, peningkatan SDM melalui bidang pendidikan, kesehatan, budaya dan olahraga dan pemberdayaan perempuan.

Baca Juga  Kasus Novel Dibawa ke Kongres AS, Muldoko Suruh Sabar

Kedepan pemerintah daerah harus membangun sistem pendidikan terpadu.

Kepulauan Sula memiliki banyak seni budaya yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang ditelan zaman.

“Di sektor kesehatan, insya Allah kita akan membangun rumah sakit daerah yang layak dan terjangkau oleh seluruh masyarakat Kepulauan Sula, insya Allah nanti akan perbaiki dan tingkatan kualitas RSUD yang ada juga puskesmas di desa-desa,” ujarnya.

Ketiga, pembangunan infrastruktur, infrastruktur jalan, air bersih transportasi serta irigasi.

Zulfahri mengatakan, dibawah kepemimpinanya, Pemkab akan memperkuat PDAM dengan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) di beberapa tempat.

“Sedangkan soal transportasi, insya Allah kita akan bangun system dan sarana transportasi yang layak dan aman, terutama ke Sulabesi bagian barat dan selatan serta ke desa-desa di pulau Mangole,” kata Zulfahri.

Baca Juga  Juventus Gebuk Genoa, Ronaldo Pamer Gol Tendangan Roket

Mengenai irigasi, selain terus membangunnya, Pemkab juga akan mengganti sistem irigasi meggunakan sistem pompanisasi dan pemipaan agar seluruh petani dapat menikmati air.

Keempat, reformasi birokrasi. Menurut Ketua DPC PKS Kepulauan Sula ini, birokrasi harus yang melayani publik. Pemkab akan berupaya sekaut tenaga menciptakan birokrasi yang bersih dan bertanggung jawab, baik dari segi pengelolaan keuangan, sistem perencanaan daerah dan pemberlakuan kerja.

Kelima, pemberdayaan ekonomi rakyat yang berbasis desa.

Dalam pembangunan ekonomi ini pemerintah daerah akan menggenjot pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian dan perikanan.

“Banyak sekali potensi yang kita miliki dan oleh karena itu jangan sampai potensi yang kita punyai sia-sia karena kita tidak bisa memanfaatkannya. Sebab itu kita harus punya perencanaan yang matang agar pembangunan ini terarah,” katanya.

Baca Juga  Ramai-ramai kritisi kekerasan terhadap pers

Keenam, pemerintah Kepulauan Sula dibawah kepemimpinannya juga akan memprioritaskan percepatan pembangunan di wilayah pesisir, tertinggal dan terisolir.

“Banyak sekali potensi wisata Kepulauan Sula di wilayah pesisir sana, kita punya pantai yang bagus, kalau dikelola dengan baik akan menjadi destinasi wisata yang bagus, tentunya akan membangun ekonomi masyarakat daerah tersebut,” ungkapnya.

Ketujuh, pembangunan sosial dan pengentasan kemiskinan.

Dari tujuh program prioritas, pemerintahannya juga memiliki beberapa yang sangat prioritas. Salah satunya adalah pengentasan kemiskinan.

Selain itu juga akan dibangun mall pelayanan publik yang gunanya memudahkan masyarakat untuk mengurus izin atau surat-surat penting lainnya. (red/ifo)