Jokowi Lantik Andi Widjajanto jadi Gubernur Lemhannas

oleh -1 views

Porostimur.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Widjajanto jadi Gubernur Lemhannas. Kepala negara juga melantik Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RIN), Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional. Pelantikan keduanya dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/2/2022).

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 21/P/2022 Tentang pengangkatan Gubernur lembaga ketahanan nasional Republik Indonesia dan Keputusan Presiden nomor 7/M/2022. Keputusan tersebut dibacakan oleh Deputi bidang administrasi dan aparatur Kemensetneg, Nanik Purwanti.

Jokowi menuntun mereka berdua untuk mengucapkan sumpah. Sebelum mengucapkan sumpah, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menanyakan apakah mereka siap disumpah. Jokowi membacakan sumpah dan diikuti keduanya.

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara RI tahun 1945. Serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi diikuti Andi dan Arief dalam saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/2/2022).

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan, akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya.

Andi pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet di masa pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (2014-2015). Dia juga sempat diangkat menjadi Penasihat Senior Kepala Staf Kepresidenan sejak 2016.

Sementara itu Arief merupakan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (RIN). 

(red/mdk)