Jokowi Tidak Peduli pada Pelanggaran HAM di Papua

oleh -74 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Pengamat Politik, Muslim Arbi menyebut Presiden Joko Widodo sama sekali tidak peduli dengan kasus pelanggaran HAM di Papua.

Kata dia, hal itu terbukti dengan responnya yang melemparkan terkait masalah itu ke Menkopolhukan Mahfud MD ketika ditanya wartawan.

“Melemparkan kasus pelanggaran HAM di Papua ke Mahfud MD membuktikan Jokowi tak peduli pelanggaran HAM di bumi Cendrawasih,” ujarnya seperti melansir suaranasional.com.

Menurut Muslim, harusnya Jokowi selaku kepala negara dan pemerintahan memberikan pernyataan terhadap pelanggaran HAM di Papua.

“Jokowi bisa menyatakan aparat yang melanggar HAM di Papua dihukum. Jokowi bisa menyatakan, perdamaian di Papua sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Kata Muslim, kedatangan Jokowi tidak banyak mendapat sambutan warga Papua.

Baca Juga  14 Tahun Terbengkalai, Kodim 1509/Labuha Bangun Kembali Masjid Madapolo

“Warga Papua sangat kecewa terhadap Jokowi. Warga Papua sudah memberikan kemenangan Jokowi di Papua tetapi dihadiahi pengiriman tentara dan Brimob,” papar Muslim.

Sebelumnya Presiden Jokowi tidak menjawab dengan detail rencana pemerintah menyelesaikan kasus pelanggaran HAM di tanah air. Termasuk pelanggaran HAM di Papua beberapa waktu lalu.

Jokowi hanya menjawab singkat. Presiden memerintahkan Menko Polhukam Mahfud MD untuk menyelesaikan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Salah satunya yang terjadi di Papua.

“Nanti coba ditanyakan ke Pak Menko Polhukam. Saya sudah perintahkan di sana untuk diselesaikan satu per satu,” ucap Jokowi usai meninjau Pasar Irai Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat, Minggu (27/10) lalu. (red/rtl/jlc)