JPPR Malut Temukan Berbagai Masalah Saat Pencoblosan di TPS

oleh -43 views

Porostimur.com, Ternate – Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Maluku Utara, menemukan berbagai masalah di TPS pada saat pencoblosan 14 Februari 2024.

Ketua JPPR Malut Jainul Yusup, mengatakan, relawan JPPR di berbagai daerah seperti, Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, Kabupaten Halmahera Tengah, Halmahera Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Sula melaporkan sejumlah temuan masalah saat hari pencoblosan.

“Tim pemantau JPPR di Halmahera Tengah, melaporkan ada banyak karyawan PT. IWIP, terutama di Desa Lelilef yang datang ke TPS untuk mencoblos, tetapi tidak bisa karena punya KTP di luar Maluku Utara,” ujar Jainul.

“Dalam posisi ini, kita tidak bisa salahkan siapa-siapa, karena sebagai warga negara yang baik, tenaga kerja ini juga punya hak untuk memilih. Akan tetapi, kita diikat dengan aturan, yaitu kalau mereka ber-KTP luar Maluku Utara atau luar Halmahera Tengah, maka mereka harus mengurus pindah memilih di daerah asal, satu bulan sebelum pemilihan,” tukasnya.

Link Banner

Hal demikian, para tenaga kerja mereka sedang sibuk dan tidak punya waktu. Di sisi lain, penyelenggara juga harus melakukan sosialisasi dan memberi informasi berulang-ulang kepada tenaga kerja, sehingga ada kesempatan bisa mengurus pindah memilih untuk bisa mencoblos.

No More Posts Available.

No more pages to load.