Kabag Keagamaan Biro Kesra Bantah Kemenag Maluku Sunat Dana Haji

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com| Ambon: Kepala Bagian (Kabag) Keagamaan pada Biro Kesra Setda Provinsi Maluku, Abdul Muhammad membantah keras subsidi dana haji disunat/dipotong pihak Kanwil Kemenag Provinsi Makuku. Ditegaskan, anggaran sebesar Rp. 1.500.000.00 per jamaah tidak lagi diberikan secara tunai kepada calon jamaah haji.

“Komponen dari subsidi calon jamaah haji untuk kebutuhan biaya operasional, jangan berfikir jamaah haji terima tunai subsidi haji Maluku,” kata Muhammad dalam kegiatan Jagong Masalah Umroh dan Haji (Jamarah) di Asrama Haji Transit Maluku, Waiheru, Ambon, Senin (23/12).

Muhammad menjabarkan, bantuan subsidi yang dikucurkan Pemprov Maluku tersebut untuk mengurusi pelayanan administrasi dan operasional haji dari Ambon sampai Makassar, kemudian pulang kembali ke tanah air.

Baca Juga  Cegah Covid-19, Satgus Semprot Terminal Mardika Dengan Disinfektan

“Tidak perlu saya uraikan, yang jelas dana tersebut tidak diterima secara tunai oleh jamaah,” tegasnya kembali.

Terkait bantuan dana subsidi, Muhammad menyebutkan setiap tahun ada peningkatan signifikan. “Tahun pertama itu sekitar Rp. 530.000.00, terakhir sudah mencapai Rp.1.500.000.00 per jamaah. Ini peningkatan signifikan,” jelasnya.

Selain subsidi haji, Muhammad mengungkapkan, Pemprov Maluku juga telah memberikan dukungan berupa bantuan dana untuk sarana peribadatan dan even keagamaan lainnya, semisal MTQ, Pesparawi, Pesparani dan terakhir UDG yang akan diselenggarakan di Kota Ambon pada tahun 2020 mendatang.

Selanjutnya menanggapi permintaan Kakanwil Kemenag Maluku, Fesal Musaad untuk Pemprov merespon cepat pembangunan Embarkasi Haji Antara (EHA) Maluku, ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pertemuan lintas sektoral dalam rangka membahas EHA dengan pihak bandara.

“Kita bersyukur, dibawah kepemimpinan Kakanwil Kemanag Maluku kali ini, pelayanan haji maupun pembinaan keagamaan berlangsung sukses di Maluku,” kuncinya. (red/rtl/shinta/inmas)