Kabag Umum dan Perlengkapan Resmi Dilaporkan Ke Bawaslu Kepulauan Sula

oleh -244 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Kepala Bagian Umum Dan Perlengkapan Setretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, Julkifli Umasangadji resmi dilaporkan ke Bawaslu Kepulauan Sula, Senin (23/11/2020).

Kabag Umum, Julkifli dilaporkan oleh Ketua Garda Muda Partai Nasdem yang juga sebagai LO Fataha Fataruba yang di dampingi kuasa hukum Paslon Bupati dan Wakil Kepulauan Sula, Zulfahri Abdula Duwila dan Ismail Umasugi (ZADI-IMAM), Kuswandi Buamona.

“Kami menduga oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak lain Kabag Umum Setda Kepsul, insial Julkifli diduga terlibat dalam Politik praktis. Dimana dia membawa uang senilai Rp Rp 17.5 juta untuk diserahkan kepada seseorang,” kata Fataha Fataruba.

Lanjut Fataha, bukti yang diserahkan ke Bawaslu berupa link berita lintastimur.com. dimana, oknum ASN yang menjabat selaku Kabag Umum diduga melanggar Pasal 70 ayat 1 huruf b Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Kuasa Hukum yang juga Juru Bicara ZADI-IMAM, Kuswandi Buamona menambahkan, dugaan keterlibatan ASN dalam hal ini Kabag Umum ada hubunganya dengan salah satu Paslon Hendrata Thes dan Umar Umabaihi (HT-UU).

Baca Juga  Balita yang Positif Corona di Kepsul Dipulangkan

“Kami mengambil langkah melaporkan Kabag Umum ini agar menjadi efek jera terhadap ASN yang melibatkan diri dalam Politik Praktis. Tanda bukti penyampaian laporan dengan nomor: 07/PL/PB/Kab/32.08/XI/2020, yang diterima oleh staf Bawaslu, Riswan Umasugi,” jelas Kuswandi.

Dugaan Keterlibatan Kabag Umum ini lanjut Wandi, sesuai dengan Pasal 70 Ayat 1 huruf b UU Nomor 10 Tahun 2016.

Kuswandi bilang, pihaknya menyerahkan kasus ini sepenuhnya ke Bawaslu Kepulauan Sula, untuk dikaji dan ditindak lanjuti apabila dalam kajian hukum terdapat dugaan keterlibatan ASN dalam Pilkada.

Ia juga meminta Bawaslu Kepulauan Sula, agar seriusi menangani kasus ini, karena saat ini sudah mendekati hari pencoblosan Pilkada Kepsul pada 9 Desember 2020.

Baca Juga  Mantiri: KM Gandha Nusantara 06 Siap Melayani Penumpang Tujuan Pulau Lembeh

Selan Bawaslu, Kuswandi juga meminta kepada Pjs Bupati Idham Umasangaji bahwa laporan yang dimasukan tadi sebagai bukti bahwa ASN terlibat dalam politik praktis, sehingga Pj Bupati segera bertindak dengan mengevaluasi seluruh SKPD lingkup Pemda Kepsul. (red)