Kabar Baik untuk Basket Kota Ambon

oleh -133 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pemerintah Kota Ambon, Maluku menyatakan akan menggarap serius perkembangan olahraga bola basket di kota mereka. Hal itu diungkapkan melalui pertemuan pembuka antara Pemerintah Kota Ambon, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon Richard Luhukay, dengan komunitas anak muda For Maluku serta DBL Indonesia, Jumat malam, 12 Februari 2021, di Jakarta.

Sinergi tiga pihak itu menegaskan keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk melejitkan potensi para student-athlete Ambon Manise.

Rencana ini sendiri berawal dari keperihatinan forum komunitas anak muda For Maluku. Mereka melihat potensi basket kawan-kawannya yang tidak pernah terangkat ke permukaan.

Setelah ditelusuri, ternyata penyebabnya selain ketiadaan kompetisi berkelas, juga pembinaan yang jalan di tempat untuk semua kategori umur. Keresehan anak-anak For Maluku itu pun akhirnya disampaikan ke Pemkot Ambon.

Link Banner

Gayung bersambut. Pemkot Ambon segera melakukan koordinasi lebih lanjut. Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ambon, mereka melakukan riset awal bersama komunitas For Maluku, serta mencari pihak profesional yang mampu berperan sebagai katalisator. Dari situ diundanglah DBL Indonesia.

Baca Juga  Bahas Covid-19, Gubernur Sulut Gelar Video Converence dengan Forkopimda

DBL Indonesia digandeng karena mereka tahu perusahaan itu selama ini belasan tahun konsisten melakukan pembinaan basket untuk tingkat sekolah. DBL Indonesia juga masuk dalam rencana sebagai partner profesional.

Setelah saling bertukar ide dan data, akhirnya ketiga pihak ini sepakat melangkah ke tahap selanjutnya. Angin segar untuk basket Ambon akhirnya berhembus.

“Kami sangat ingin anak-anak muda kami bisa berprestasi di bidang olahraga. Apalagi sudah ada banyak bukti bahwa atlet Ambon mampu bersaing di pentas nasional bahkan internasional,” kata Richard. Ia sadar tidak ada cara yang instan untuk mewujudkan cita-cita itu. “Kami harus membangunnya dari bawah dengan serius. Untuk itu kami berkolaborasi dengan komunitas anak muda (For Maluku) dan pihak profesional (DBL Indonesia),” tambahnya.

Baca Juga  Ke Mana Jokowi Akan Membawa Kita?

DBL Indonesia menyambut niat baik Pemkot Ambon dan komunitas For Maluku dengan tangan terbuka. General Manager DBL Indonesia Yondang Tubangkit mengatakan, DBL Indonesia dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Ambon. Perusahaan itu ingin melihat lebih jauh kebutuhan di lapangan.

Meski belum ditentukan program-program kolaborasi apa saja yang akan dijalankan, namun DBL siap berpartisipasi aktif sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

“DBL sejak awal memang fokus pada pengembangan anak muda lewat olahraga. Niat Pemkot Ambon dan komunitas For Maluku tentu menggembirakan kami, sebab hal itu sejalan dengan spirit DBL. Semoga tidak ada halangan berarti untuk mewujudkan niat baik ini,” ungkap Yondang. (red)