Kadivpas Kumham Malut Adakan Simulasi Evakuasi Korban Kebakaran di Lapas Jailolo

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kadivpas Kemenkunham Maluku Utara, Teguh Wibowo bersama pegawai bagian keamanan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Malut melakukan kontrol instalasi listrik dan simulasi evakuasi bencana alam kebakaran gedung dan kamar hunian warga binaan Lapas Kelas IIB Jailolo, Sabtu.

Menurut Teguh, hal itu dilakukan sesuai perintah Dirjenpas, Reynhard Silitonga dan Sekertaris Jenderal, Andap Budhi Revianto agar melakukan kontrol instalasi listrik yang ada pada setiap satuan kerja yang ada di Indonesia.

Teguh bersama tim terjun langsung melihat keamanan instalasi listrik di Lapas Jailolo.

Kepada wartawan, Ahad (12/9/2021), Ia menyarankan agar stop kontak blok dapat dibuatkan pelindung supaya tidak terkena hujan yang dapat menyebabkan kosleting.

Teguh menyarankan agar menyediakan alat pemadam kebakaran ringan dan ditempatkan di Area/lokasi yang mudah di jangkau.

Baca Juga  Natal-Tahun Baru, 3 pilar kamtibmas gelar apel

Selain itu, kunci blok dapar dibuat jadi satu, misal blok A berjumlah 5 kamar digabungkan menjadi satu untuk memudahkan petugas jika melakukan kontrol, ujar Teguh.

Untuk menanggulangi bencana kebakaran, Kadiv PAS juga melatih para petugas melalui simulasi penanganan kebakaran gedung dan kamar hunian napi.

Untuk itu Kadiv PAS memerintahkan agar petugas melakukan langkah – langkah dan tanda peringatan jika terjadi bahaya berupa, membunyikan bel tanda bencana, mengambil kunci/ bila dalam kondisi darurat dapat memecahkan kotak., membuka blok/kamar , mengarahkan ke lapangan/tempat terbuka, menghitung jumlah narapidana dan tahanan, mempersiapkan senter, senjata agar dapat melihat dalam keadaan gelap serta mengantisipasi bila terjadi insiden dan lakukan Kordinasi dengan APH, terang Teguh.

Baca Juga  TNI Tembak Mati 2 Warga Papua, Amnesty: Tindakan Brutal & Langgar HAM

Teguh juga mengatakan kegiatan Kontrol Instalasi listrik dan simulasi evakuasi bencana alam dan kebakaran gedung dan kamar hunian warga binaan berjalan dengan aman, tertib dan lancar dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. (red)