Kafilah Maluku Juara Umum Pemilihan Duta Qasidah Nasional 2019

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kafilah Provinsi Maluku berhasil Keller sebagai juara umum pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional ke XXIV Tahun 2019 yang berlangsung di Kota Ambon sejak 25 hingga 29 November 2019.

Penetapan juara disampaikan pengurus DPP Lembaga Seni dan Qasidah (Lasqi) saat penutupan pemilihan Duta Qasidah Tingkat nlNasional ke XXIV Tahun 2019 di kota Ambon, tadi malam.

Hasil itu diperoleh setelah dewan hakim yang diketuai Inu Aminuddin dan Ibnujarir sebagai sekretaris berdasarkan keputusan nomor 02/Kep.DH/PDQN-XXIV/2019 mendapuk Maluku mendapat nilai tertinggi sebesar 66, berdasarkan hasil perlombaan sebagaimana dibacakan Ketua Dewan Hakim.

Berada di bawah Maluku atau peringkat umum kedua yakni Kafilah Banten dengan nilai 59 dan posisi ketiga ditempati Kafilah Sumatera Barat dengan nilai 30.

Link Banner

Berturut-turut kemudian melengkapi posisi 10 besar diantaranya Sulawesi Tenggara nilai 27, Lampung nilai 23, Jawa Timur nilai 21, Aceh nilai 17, Sumatera Utara nilai 15, Kalimantan Tengah nilai 13 dan terakhir Jawa Barat nilai 12.

Baca Juga  Ismail-Orno resmi kantoingi dukungan Gerindra

Sedangkan juara favorit, masing-masing diraih Kalimantan Barat (Syarifah Khaira) dengan nilai 339 kategori peserta, grup dari Papua Barat yaitu grup rebana klasik remaja nilai 503, grup kontemporer dari Kalimantan Tengah nilai 802 di kategori kostum dan aransemen favorit milik grup Kolaborasi Maluku memiliki nilai 703.

Berhasilnya Maluku juara umum juga tidak terlepas dari beberapa kategori menjadi juara pertama diantaranya bintang vokalis anak-anak Hana Kayla Zawawi (779,5), Nurhiyanti Litiloly (798,5) bintang vokalis remaja putri, Nurul Fatha Toisuta (817) bintang vokalis dewasa putri, kolaborasi grup (258) dan grup kontemporer (261). Sedangkan Mulyadi Taslim (777) juara ketiga bintang vokalis dewasa putra, Rahma Nabila Letahit (788) juara kedua pop religi putri, juara tiga grup rebana klasik remaja putri (235).

“Allhamdulilah. Luar biasa, saya bangga dan senang, bersyukur. Memang sudah target yah Insya Allah kontingen Maluku mendapat juara umum. Karena memang khan dari 8 atau semua kategori itu kita ikut semua. Apalagi di kategori kolaborasi dan kontemporer khan cuma tiga peserta dan kita memang bagus. Ini bukti bahwa memang kami bisa,” ungkap Ketua umum DPW LASQI Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail saat dimintai tanggapan atas hasil lomba.

Baca Juga  AJI Respons Banding Pemerintah soal Vonis Internet Papua

Ketua DPP Lasqi Tarmizi Tohor mengatakan, keseluruhan pelaksanaan duta qasidah diikuti 600 peserta kafilah dari 27 provinsi di Indonesia.

“Secara umum kegiatan ini berlangsung baik dan capaian festival ini merupakan yang terbesar dalam sejarah pemilihan duta qasidah yang berlangsung selama ini,” katanya saat penutupan.

Hal ini mengindikasikan Ambon berada di hati Lasqi, Ambon memiliki medan magnet yang sangat luar biasa, pantaslah Unesco menganugerahkan Ambon sebagai kota musik dunia.

“Secara umum kualitas peserta mengalami peningkatan dibandingkan perhelatan tahun sebelumnya dengan festival skala yang sama,” ujarnya.

Capaian ini katanya, menjadi prestasi yang membanggakan dan mengindikasikan pembinaan seni qasidah semakin baik. Pastilah ini bentuk manifestasi nyata kinerja ikhlas dan cerdas dari seluruh pengurus Lasqi di Indonesia. (angel/ebot)