Kakankemenag SBB Lantik 9 ASN Jabatan Fungsional

oleh -129 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBb), Taslim Tuasikal, S.Ag melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan fungsional kepada 9 (sembilan) Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan penghulu di lingkup Kankemenag Kabupaten SBB, Senin (5/4/2021).

Dalam arahan, Kakankemenag mengatakan bahwa penghulu kedepan memiliki tugas dan tanggung jawab besar didalam melayani masyarakat terutama pelayanan nikah dan rujuk.

“Karena keberadaan teman-teman penghulu telah mengambil sebagian besar fungsi kepenghuluan masyarakat di suatu wilayah pedesaan atau kecamatan,” jelas Taslim.

Menurutnya, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pengumpulan angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat berikutnya maka seorang penghulu harus bisa melaksanakan semua jenis layanan tugas di masyarakat dan dibuktikan dengan laporan-laporan pertanggungjawaban kepenghuluan.

Link Banner

Lewat kesempatan itu, Kakankemenag juga memotivasi para penghulu yang baru dilantik terkhusus penghulu muda untuk bisa berkembang dengan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga  Kapolres Malteng Ajak Warga Katolik Jaga Kamtibmas dan Taati Protokol Kesehatan

Para penghulu, lanjut Taslim, sudah harus menguasai seluruh kebutuhan masyarakat yang kaitannya dengan seluruh ilmu keagamaan dan tata cara pelaksanaan pada syariat Islam.

“Entah itu tata cara pengurusan jenazah sampai dengan bimbingan pernikahan dan bimbingan keagamaan,” imbuh Taslim.

Diakhir arahan, Kakankemenag mengingatkan, dengan tugas dan tantangan yang semakin besar maka para penghulu harus menggunakan pengetahuan yang bijak dalam menghadapi sejumlah problema di masyarakat.

Turut hadir, Kasubbag Tata Usaha, Djafar Tuny, S.Ag, Kasi Bimas Islam Abd Gani Wael, S.Ag, Kasi Pendis, Djumadi Wali, S.Ag dan Kepala Penyelenggara Katolik, Tridowarno Rahanubun, S.Sos.

Dan Sebelumnya diketahui 9 ASN dengan jabatan fungsional penghulu yang dilantik ialah:

Baca Juga  Salah Menggila, Liverpool Lari Kencang di Klasemen

1. Drs. La Budiman

2. Iksan Warang,S.Ag

3. Husen S.Pd.I

4. La Adulu, S.Ag

5. Jafar Abubakar, S.Sos.I

6. Muhammat Naser Naya, S.HI.

7. Haris Lauselang, S.Ag

8. Sukasman Saad, S.HI

9. Baharuddin Lussy, S.Ag

(kahar/inmas/hs)