Kakankemenag SBB Serahkan Sarana Prasarana KUA

oleh -155 views
Link Banner

Porostimur.com | Piru: Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kakabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB), Taslim Tuasikal, S.Ag menyerahkan sarana dan prasarana dari Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku berupa Personal Computer (PC) kepada 6 (enam) Kantor Urusan Agama (KUA) di Kab. SBB yang peruntukan sebagai penunjang kerja dalam mencetak buku nikah melalui Sistem Manajemen Nikah (Simkah).

Didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Abd Gani Wael, S.Ag, Kakankemenag menginginkan dengan kelengkapan sarana prasarana pada KUA diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dalam melakukan pelayanan pernikahan kinerja.

Dirinya juga berharap prasarana Simkah ini kedepan secepatnya diintegrasikan dengan Simdukcapil dinas Dukcapil Kabupaten setempat.

“Integrasi antar aplikasi sangat penting karena yang terjadi di lapangan banyak sekali ditemukan status pernikahan yang tidak update,” jelas Taslim.

Selanjutnya, Taslim juga kembali mengingatkan untuk mematuhi dan menjalankan instrukai Presiden dan edaran Menteri Agama terkait protap pelayanan didalam kondisi negara yang tengah menghadapi wabah virus covid-19.

Baca Juga  Dies Natalis Ke-65, LBH dan Klinik Hukum Fakultas Hukum Unpatti Gelar Talkshow

“Sosialisasi Instruksi dan Surat edaran kepada masyarakat untuk lakukan sosial distancing. Tetap dirumah, jaga jarak sehat, tidak berkerumul, memakai masker dan selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal,” pinta Taslim.

Selain itu, Taslim Juga menghimbau bahwa Balai nikah dan Manasik Haji yang telah dibangun dengan bagus harus diselaraskan lahirnya terobosan dan inovasi kepada masyarakat. Berikan ruang atau instrumen kepada masyarakat untuk menilai kinerja kita di KUA sehingga KUA selalu terus berbenah menjadi lebih baik lagi dalam hal pelayan.

“Mari berlomba-lomba antar KUA untuk menciptakan inovasi-inovasi,” tegas Taslim.

Mengakhiri arahan, Mantan Kakankemenag Buru ini meminta untuk memanfaatkan dengan maksimal dan menjaga keamanan sarana prasarana ini seperti milik pribadi.

Baca Juga  Kapolda Maluku Sertijab Karo Rena dan Kapolres Tual

“Jangan sampai hilang dan dibawa pulang ke rumah .Saya berharap dengan hadirnya sarana prasarana ini pelayanan di KUA-KUA semakin hari semakin baik dalam pelayanan kepada masyarakat,” Akhir Taslim.

Untuk di ketahui enam KUA penerima sarana prasaran diantaranya KUA Kec. Amalatu, Kec.Kairatu Barat, Kec.Seram Barat, Kec.Huamual, KUA Taniwel, dan KUA Kep Manipa. (andi/inmas/hs).