Kakanwil Agama Minta Majelis Silaturahmi Maluku Jadi Obor Penghubung Cinta Kasih

oleh -32 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis hadir memberikan tausiyah dalam acara zikir bersama yang diselenggarakan Majelis Silaturahmi Maluku di Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Minggu (9/2).

Plt Kakanwil lewat tausiyahnya, meminta ibu-ibu Majelis Silaturahmi Maluku berperan menjadi obor yang menghubungkan cinta kasih bagi sesama umat manusia.

“Orang Islam itu saling mencintai diantara sesama dan saling menutupi aibnya masing-masing,” ujarnya.

Plt Kakanwil yang turut didampingi sejumlah pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku mengingatkan majelis ini sesuai namanya, yakni menghubungkan cinta kasih agar tidak mudah terputus.

“Majelis silaturahmi, sila itu adalah menghubungkan dan rahim itu kasih sayang. Jadi konsekuensi siapapun yang masuk majelis silaturahmi ini harus bisa menebarkan cinta kasih,” jelasnya.

Baca Juga  PKPI Hanya Usung Calon Kepala Daerah yang Visinya Sama dengan Jokowi

Terlebih menurut pandangan Plt Kakanwil, beruntung bagi orang-orang yang membangun majelis silaturahmi dengan tujuan membawa perbaikan pada akhlak manusia.

Terdapat dua landasan normatifnya dari sisi agama. Plt menyebutkan, Allah SWT menurunkan kemuliaan-Nya kepada mereka yang senang bermajelis.

“Nabi pernah mengatakan, wahai sahabat-sahabatku, jika kalian melewati taman-taman surga maka berhentilah dan bersenang-senang hati. Sahabat kemudian bertanya, apa itu taman surga? Rasul menjawab, siapa yang datang ke sebuah majelis, maka dia telah memasuki taman surga,” sebut Plt Kakanwil sambil mengutip hadits Nabi riwayat At-Tirmidzi.

Berikutnya, Allah SWT akan menurunkan rahmat-Nya didalam majelis silaturahmi ini. “Ini rahmat Allah diistimewakan untuk mereka yang bermajelis, apalagi yang sedang berzikir,” imbuh Plt saat mengutip hadits riwayat Tarmidzi lainnya.

Baca Juga  Wali Kota Bitung: Warga Jangan Panik, Pastikan ke Tempat Lebih Tinggi

Plt Kakanwil pun berharap, Majelis Silaturahmi Maluku konsen membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Islam juga menegaskan penting memperkuat hubungan antar sesama manusia maupun sebangsa dan setanah air.

“Ukhuwa Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariyah dan ikhuwah insaniyah bukan saja berorientasi pada hubungan dengan Allah, tetapi juga tentang nilai-nilai kemanusiaan,” tandasnya.

Acara zikir ini juga menghadirkan Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo. Zikir ditutup dengan doa yang dibawakan oleh ustadz dr. Sofyan Umarellah. (keket/zam/inmas)