Kakanwil Imbau Seluruh ASN Kemenag Malut Sediakan Perangkat Cuci Tangan di Depan Rumah

oleh -357 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara untuk membuat perangkat cuci tangan di depan rumah masing-masing, Rabu (1/4/2020).

Kakanwil H. Sarbin Sehe menjelaskan bahwa himbauan menyediakan perangkat cuci tangan mempunyai maksud menggerakkan seluruh ASN Kemenag Malut, baik di Kanwil, KanKemenag Kab/Kota, Madrasah dan KUA untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di Maluku Utara.

Menurut H. Sarbin Sehe, ada ribuan ASN Kementerian Agama di Provinsi Maluku Utara, jika masing-masing melaksanakan himbauannya, minimal ada 2600an titik tempat mencuci tangan yang bisa dipakai oleh tuan rumah maupun tamu yang datang.

Baca Juga  Lima Komisioner KIP Maluku Resmi Dilantik

“Selain itu semoga hal tersebut dapat menjadi teladan yang dapat diikuti oleh masyarakat sekitar” jelas Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan bahwa setelah memberlakukan surat edaran pencegahan penyebaran virus Covid-19 tentang sistem kerja di rumah, dan menurut hasil pengawasan lebih dari 80% ASN berdiam diri dirumah, beliau menginginkan seluruh ASN tetap selau bersatu, bersama-sama serta bersinergi mencegah penyebaran virus Corona baik di internal Kemenag Malut maupun dengan instansi lain terlebih dengan masyarakat.

Sementara itu, Kabag TU, H. Amar Manaf menuturkan kepada awak humas bahwa himbauan Kakanwil secara teknis sangatlah mudah, beliau menuturkan bahwa perangkat cuci tangan bukanlah hand sanitizer yang sekarang langka dan mahal, melainkan cukup air mengalir dan sabun kesehatan seperti yang dianjurkan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga  Cegah COVID-19, KNPI Desak Pemprov Tutup Akses Bandara dan Laut

Menurut H. Amar jika di rumah ASN Kemenag Malut ada sumber air yang mengalir seperti PDAM maupun tandon air sumur maka tinggal mengarahkannya dengan pipa ke depan rumah untuk dibuat perangkat cuci tangan, akan tetapi jika tidak ada, cukup dengan memodifikasi ember, galon atau wadah air yang diberi kran, kemudian diisi air dan ditempatkan di depan rumah, “Jangan lupa sabunnya”, jelas Amar.

Kabag TU menjelaskan bahwa himbauan Kakanwil tersebut masih berupa himbauan yang dishare dari grup-grup media sosial, oleh sebab itu beliau menegaskan bahwa himbauan tersebut akan ditindaklanjuti dengan Surat Edaran sehingga resmi untuk diikuti oleh seluruh ASN Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara. (red/inmas)