Kakanwil Kemenag Dampingi Wagub Malut Silaturahim dengan Dirjen Bimas Islam

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H.Sarbin Sehe mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Maluku Utara M Al Yasin Ali bersilaturahim dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Kamaruddin Amin di ruang kerja Dirjen di Jakarta, Rabu (17/2/2021).

Selain silaturahim kunjungan tersebut bertujuan sebagai koordinasi terkait persiapan infrastruktur pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional Tahun 2021 di Provinsi Maluku Utara. Dalam kegiatan tersebut Wagub mempresentasikan persiapan-persiapan yang telah dilakukan terutama tentang infrastruktur pendukung kegiatan STQ Nasional.

Dalam kegiatan Al Yasin juga menyampaikan permohonan agar Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama mempertimbangkan kegiatan STQ yang dijadwalkan pelaksanaannya pada bulan Juli di undurkan pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga  Kodim 1509/Labuha Gelar Apel Kesiap-siagaan Jelang Tahun Baru 2021

Wagub menyampaikan alasan permintaan diundurnya STQ tersebut, karena adanya rencana Agenda peresmian Masjid Raya Maluku Utara oleh Presiden RI pada bulan Oktober serta pada bulan Juli 2021 bertepatan dengan pelaksanaan Ibadah Haji.

Senada dengan Wagub Al Yasin, Kakanwil H. Sarbin Sehe mengatakan apabila pelaksanaan ibadah haji jadi dilaksanakan pada tahun 2021, menurutnya akan menguras tenaga yang seharusnya dimaksimalkan di kegiatan STQ.

H. Sarbin juga mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh kebijakan pemerintah Provinsi Maluku Utara terkait dengan pelaksanaan STQ Nasional Tahun 2021 Provinsi Maluku Utara.

Sementara itu Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin mengatakan pihaknya pada dasarnya menyetujui usulan penundaan pelaksanaan demi penyelenggaraan STQ yang lebih baik dan maksimal, akan tetapi usulan tersebut tetap disampaikan kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai pertimbangan. Selain itu, sebagai langkah berikutnya juga akan dijadwalkan pertemuan dengan Menteri Agama RI.

Rencananya Wagub dan rombongan didampingi Kakanwil dijadwalkan akan bertemu Menteri Agama pada hari Kamis (18/2/2021 besok.

Baca Juga  Corona Tekan Pertumbuhan Ekonomi Maluku Triwulan II-2020

(red/inmas)