Kakanwil Kemenag Maluku Ajak ASN Perkuat Kerjasama

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis mengadakan silaturahmi bersama ASN lingkup institusi pemerintah setempat. Ini merupakan silaturahmi perdana usai dirinya dilantik sebagai Kakanwil oleh Menteri Agama RI, Jumat, 10 Juli kemarin.

Silaturahmi yang diikuti para Kabid, Pembimas dan pejabat eselon IV ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan di Aula Kanwil Kemenag Maluku.

Dalam silaturahmi perdananya, Kakanwil menyampaikan beberapa  hal mengenai kemampuan dan keahliannya yang tidak akan berguna tanpa kerjasama seluruh ASN Kemenag Maluku di 11 kabupaten/kota untuk membangun institusi ini.

“Jabatan sebesar apapun tidak dapat berguna kalau tidak ditunjang dukungan dan kerjasama secara kolektif dari semua ASN,” ucap Kakanwil didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Yasir Rumadaul dihadapan ASN di seluruh bidang dan subbag lingkungan Kanwil Kemenag Maluku.

Link Banner

Kakanwil menjelaskan, sebagai manusia yang sangat bergantung dengan orang lain, tentu kerjasama sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah institusi. Terlebih dirinya sudah dikenal cukup lama sebagai mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara dan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Maluku.

Baca Juga  Besok Perayaan HUT Kota Ambon Disiarkan via Live Streaming & Zoom Meeting

“Kita saling mengerti cukup lama, saya berfikir kita tidak ada hal baru dalam konteks kerjasama,” katanya.

“Olehnya, apa yang dibangun selama ini mari  sama-sama kita tingkatkan, bangun kebersamaan, kepercayaan, saling menghormati, menghargai, tolong menolong dan bukan menjelekkan atau menjatuhkan satu sama lainnya,” imbuhnya.

Berikutnya, sambil mengutip salah satu firman Allah SWT dalam Al-Qur’an (ar-Ra’d: 11): “Sesungguhnya Allah tidak mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka yang mengubah keadaan pada diri mereka sendiri”, Kakanwil juga mengajak seluruh ASN Kemenag Maluku untuk sama-sama melangkah dengan mengedepankan kebaikan dan meninggalkan segala keburukan.

“Perubahan mulai dari diri kita sendiri, mau jadi baik atau buruk tergantung masing-masing kita,” tegasnya.

Baca Juga  Bakar buku tulis, malah rumahnya yang hangus terbakar

Selain itu, para ASN diminta menjadi contoh yang baik bagi sesama sebelum mengajak orang lain melakukan kebaikan.

“Jadilah obor perdamaian sekaligus kebaikan dengan cara kerja ikhlas dan bersih, semoga kita semua dimudahkan langkah untuk menuju harapan bersama,” tandasnya mengakhiri. (red/inmas/zam)