Kakanwil Kemenag Maluku Ajak Seluruh Umat Beragama Sukseskan MTQ ke XXIX Tahun 2021 di Tanimbar

oleh -91 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Pelaksanaan Musabaqah Thilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Maluku ke XXIX akan dihelat pada tahun 2021 mendatang di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Sehubungan itu, Kanwil Kemenag Maluku telah bersinergi bersama MUI Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar guna mensukseskan even akbar umat Islam tersebut.

Hal ini ditegaskan Kakanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis lewat Dialog Aktual Jelang Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku ke XXIX Tahun 2021 di Studio Penyiaran Stasiun TVRI Maluku, Gunung Nona Ambon, Selasa (3/11).

Dialog aktual tersebut juga menghadirkan Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon dan Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo.

Kakanwil pada kesempatan itu mengajak seluruh umat beragama dapat bergandengan tangan bersama tokoh-tokoh agama untuk memberikan kontribusi bagi suksesnya even pelaksanaan MTQ yang dinilai akan berdampak positif bagi perdamaian di Provinsi Maluku, sekaligus menjadi pusat percontohan terhadap provinsi lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Toyota Fortuner dan Honda City Tabrakan di Poka, Dua Kendaraan Rusak Parah

“Penetapan Tanimbar sebagai tuan rumah MTQ  Tingkat Provinsi Maluku adalah wujud toleransi yang nyata di Indonesia dan dukungan seluruh masyarakat sangat penting dalam konteks menyukseskan even dimaksud,” terangnya.

Menurut Kakanwil, pihaknya juga telah mengerahkan upaya dan dukungan kolektif untuk menyukseskan kegiatan ini secara teknis.

“Memang sudah jelas Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Tanimbar beserta jajarannya sudah bergabung dalam kepanitiaan daerah dan ini harga mati, kita mesti bahu membahu menyukseskan hajatan besar ini,” jelasnya.

Sampai saat ini lembaga kepanitiaan daerah telah dibentuk dan  Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Kepulauan Tanimbar dijabat oleh seorang pendeta. Kakanwil mengatakan, pelaksanaan MTQ ini memiliki posisi yang penting dan strategis dalam memelihara dan merawat kerukunan umat beragama di wilayah Maluku.

Baca Juga  Kantor Dilokcdown, Anggota DPRD Maluku WFH Sampai 19 Juli 2021

“Terwujudnya umat beragama yang rukun merupakan harapan seluruh masyarakat Maluku yang plural. Kerukunan dalam keragamanan ini patut terus dijaga. Apalagi, dunia juga menilai Maluku sebagai model terbaik dari konsep masyarakat rukun yang multikultural,” jelasnya

“Keragaman perlu disyukuri. Keragaman tidak diminta, melainkan pemberian Tuhan, bukan untuk ditawar tapi untuk diterima. Di tengah keberagaman, alhamdulillah, Maluku masih berdiri kokoh, bersatu dan terus bergerak maju,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Kepulauan Tanimbar adalah sebuah kabupaten di Provinsi Maluku, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Saumlaki.

Kabupaten memiliki  pemeluk umat beragama, masing-masing Kristen Protestan 61,16%, Katolik 33,06%, Islam 5,46%, Hindu 0,07%, Buddha 0,01%, dan lainnya 0,24%. (red/inmas)