Kakanwil Kemenag Maluku Apresiasi Kehadiran Rumah Moderasi Beragama di IAKN Ambon

oleh -18 views
Link Banner


Porostimur.com | Ambon
: Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis menghadiri acara peresmian Rumah Moderasi Beragama Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, Jumat (14/8).

Acara yang berlangsung di IAKN Ambon tersebut diresmikan oleh Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Thomas Pentury ditandai dengan penandatanganan batu prasasti Rumah Moderasi Beragama, dan gunting pita.

Disela-sela acara peresmian, kepada wartawan Kakanwil mengaku, sangat mengapresiasi atas hadirnya rumah moderasi beragama di kampus yang berjuluk “Harmoni Dalam Perbedaan” ini.

“Selaku Kakanwil, saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada keluarga besar IAKN Ambon yang telah menghadirkan rumah moderasi beragama di kampus Harmoni, ini,” ucap Kakanwil

Link Banner

Dirinya berharap, dengan hadirnya rumah moderasi beragama, dapat memberikan kontribusi nyata bagi umat di Provinsi Maluku terutama dalam membangun umat yang toleran, rukun dan damai.

Baca Juga  Bawaslu Halsel Serahkan Berkas Penghentian Kasus Ijazah Palsu ke Gakkumdu Pusat

“Saya harapkan dengan kehadiran rumah moderasi beragama ini, Insya Allah memberikan kontribusi bagi umat Maluku yang toleran, Maluku yang rukun dan Maluku yang damai,” harap mantan Kakankemenag Kabupaten Maluku Tenggara.

Sebelumnya, Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Thomas Pentury dalam sambutannya mengapresiasi kehadiran rumah moderasi beragama di IAKN Ambon. Menurut Pentury, Rumah Moderasi Beragama merupakan salah satu program dari Kemenag RI.

“Kehadiran Rumah moderasi beragama  adalah wujud komitmen menjadikan moderasi beragama sebagai landasan berfikir, bersikap, serta perumusan kebijakan dan program di Kementerian Agama,” kata Pentury

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen juga mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi garda terdepan dalam mengembangkan sikap moderat, disiplin dalam bertugas dan penguatan wawasan kebangsaan serta tidak menjadi pengembang benih-benih radikalisme. 

Baca Juga  Termakan Harapan Palsu

Turut hadir tokoh Agama, Rektor IAKN Ambon Agustina Ch. Kakiay, Plt. Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku H. M. Yasir Rumadaul, sejumlah pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku, pejabat IAIN Ambon dan tamu undangan lainnya. (red/inmas/resi)