Kakanwil Kemenag Maluku Berikan Pembinaan Bagi ASN Kemenag Tual dan Malra

oleh -100 views
Link Banner

Porostimur.com | Tual: Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag memberikan Pembinaan kepada ASN Lingkup Kemenag Kota Tual, Jumat (25/9/2020).

Pembinaan pagi yang dilaksanakan di Aula Mitra Mart Kota Tual mengusung tema “Penguatan Moderasi Beragama” Bagi ASN Kementerian Agama Kota Tual dan di hadiri oleh seluruh ASN Lingkup Kemenag Kota Tual.

Kakanwil dalam pembinaanya mengajak seluruh ASN di lingkup Kemenag Kota Tual untuk terus memperkaya moderasi beragama di masyarakat.

Menurut Kakanwil, Kemenag akan terus memberikan dorongan terhadap program pengembangan moderasi beragama di Provinsi Maluku terkhusus di wilayah Kota Tual ini.

“Langkah ini dilakukan untuk mempertegas kehadiran dan komitmen pemerintah menciptakan suasana hidup yang rukun, aman dan damai bagi masyarakat di Maluku,” ungkap Jamaludin Bugis.

Turut mendampingi Kakanwil Kemenag Maluku, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Maluku H. Yamin dan Kasubbag Umum dan Humas Kanwil Kemenag Maluku Abd. Karim Rahantan. 

Baca Juga  Ini Dia Honda N7X, Penerus BR-V yang Meluncur Hari Ini

Sebelumnya, pada Kamis (24/9)Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, membagikan tip-tips menjadi seorang calon pemimpin bagi seluruh ASN Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra).

Hal ini disampaikan dalam acara pembinaan bagi ASN Kemenag Malra di Aula Kantor Kemenag Malra.

Menurut Kakanwil, berdasarkan pengalaman pribadi ada lima (5) hal yang harus dibuat dan dibiasakan bagi setiap ASN bila ingin menjadi pemimpin.

Hal pertama adalah bekerja dengan ikhlas. Sebagai ASN, kita perlu bekerja dengan ikhlas. Bekerja tanpa harus memperhitungkan apa yang akan kita dapat.

“Soal materi kita sudah mendapat gaji dan tunjangan,” demikian kata beliau.

Hal kedua adalah kita harus taat dan patuh pada aturan. Dengan patuh dan taat pada aturan kita akan menjadi semakin terbiasa untuk setia pada tugas dan tanggung jawab kita.

Baca Juga  Sebuah Titipan Grass Root untuk Murad dan Edwin Huwae

Ketiga, loyalitas pada pimpinan adalah hal yang sangat penting. Kita loyal karena kita sudah mendapat kepercayaan dari pimpinan. Kepercayaan itu harus kita jaga dengan menunjukkan sikap loyal.

Keempat, harus ada semangat kerja keras dalam diri. Hal ini dapat kita tunjukkan dengan melakukan apa saja baik yang diperintahkan secara langsung maupun secara tidak langsung oleh pimpinan.

“Insiatif pribadi juga merupakan sesuatu yang penting dalam melakukan tugas dan tanggung jawab kita,” ucap Kakanwil.

Dan yang Kelima adalah ada rasa cinta kasih terhadap siapa saja. Adanya rasa cinta kasih akan membantu kita untuk saling menghormati dan menghargai baik terhadap pimpinan maupun terhadap rekan kerja kita.

“Bila kita bisa memiliki lima kebiasaan tadi maka kita akan mendapat kepercayaan untuk melakukan hal-hal yang lebih besar dalam tugas dan tanggung jawab kita,” kata Kakanwil.

Baca Juga  Ba'da Jumat FAM-SAH Periksa Urine di BNN

Kepala Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara, H.R.A. Fachrurrazy Hassannusi, S.Fil I, M.Si. dalam sambutan penutup acara pembinaan mengutip Lao Tzu. Yakni, “awasi pikiran anda, itu menjadi kata-kata. Perhatikan kata-kata anda, itu menjadi aksi. Perhatikan tindakan anda, itu menjadi kebiasaan. Perhatikan kebiasaan anda; itu menjadi karakter. Awasi karakter anda, itu menjadi takdirmu”.

“Harapan Kankemenag, semoga apa yang diberikan oleh Bapak Kakanwil menjadi motivasi bagi seluruh ASN dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,” kata Hassanusi

Pembinaan ini turut dihadiri beberapa pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku, ASN Kemenag Malra. Pembinaan ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan penuh rasa syukur. (red/inmas/patris)