Kakanwil Kemenag Maluku Dorong Masjid Jadi Benteng Toleransi dan Kerukunan

oleh -73 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku, Fesal Musaad mendorong para pengelola masjid untuk menjadikan masjid sebagai benteng toleransi dan kerukunan antar umat beragama di wilayah Provinsi Maluku. Harapannya, agar ajaran Islam Rahmatan lil Alamin betul-betul terlaksana dengan baik .

“Saya kira fungsi-fungsi masjid seperti itu perlu diperkuat dan diprioritaskan, sehingga tidak ada umat satupun yang keluar dari ajaran Islam yang sesungguhnya, yaitu Rahmatan lil Alamin,” kata Kakanwil saat memberikan sambutan dan arahannya pada Kegiatan Pembinaan Pengelolaan Manajemen Masjid se – Kota Ambon di Hotel Golden Palace, Ambon, Kamis (19/12).

Kegiatan pembinaan pengelolaan manajemen masjid yang digagas Kantor Kemenag Kota Ambon ini dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada sejumlah masjid terdampak gempa Maluku beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Pipa pembuangan hilang, Balai Jalan koordinasi dengan polisi

Bantuan senilai Rp. 700.000.000.00 tersebut diserahkan secara bergantian oleh Kakanwil Kemenag Maluku, Kepala Kemenag Kota Ambon, Zain Firdaus Kaisupy dan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Maluku, Jamaludin Bugis kepada 14 masjid di kota Ambon dengan pembagian masing-masing sebesar  Rp.50.000.000.00, diantaranya Al-Mukhlisin Waringin, Al-Muhajirin IAIN, Rabbaniyyin Gunung Malintang, Al-Wasila Warasia, Nurul Iman Lorong Putri, Sin Alauddin Kebun Cengkeh, Nurul Huda Bandari, Baiturrahman Perumnas Waiheru, Al-Muhajirin Nania Atas, Sultan Khairun Jamlil Laha, Nurul Huda Air Sikula, Assalam Air Salobar, At-Taubah Waihaong, dan Al-Ikhuwah Kapahaha.

Diharapkan, bantuan akhir tahun yang disalurkan ke beberapa rumah ibadah ini memberikan spirit dan morivasi bagi pengelola masjid untuk terus menggelorakan pemahaman moderasi beragama guna mengembalikan umat manusia kembali ke ajaran agama yang sebenarnya, Islam Rahmatan lil Alamin dan cintai damai.

Baca Juga  Kontraktor Kabur, Renovasi Gedung DPRD Maluku Tak Rampung

Harapan kita, mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan spirit dan motivasi kepada umat, terutama mereka yang tertimpa gempa bencana sehingga menyebabkan kerusakan rumah-rumah ibadah, agar mereka bisa terselamatkan dari jalan yang sesat,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon, Zain Firdaus Kaisupy mengungkapkan, setelah dilakukan revisi dari kelebihan pagu belanja pegawai di isntansinya, anggaran sebesar 700 juta tersebut dialihkan untuk pembagian bantuan kepada masing-masih masjid di Kota Ambon. (red/angel/inmas)