Kakanwil Kemenag Maluku: Majelis Ta’lim Berperan Mencerdaskan Umat

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com |Ambon: Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Webinar Majelis Ta’lim Provinsi Maluku di Aula Lt. III Kanwil Kemenag Maluku, Senin (11/1/2021).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Penasehat Majelis Ta’lim Provinsi Maluku Hj. Widya Murad Ismail secara virtual.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan Webinar Majelis Ta’lim Provinsi Maluku, pasalnya Majelis Ta’lim merupakan salah satu organisasi dakwah yang ikut berperan dalam mencerdaskan kehidupan umat dan bangsa, khususnya dalam pengajaran agama dan penguatan moral anak-anak atau generasi muda.

“Keberadaan Majelis Ta’lim dalam masyarakat telah membawa manfaat dan kemaslahatan bagi umat, khususnya bagi kaum perempuan, apalagi bagi mereka yang menjadi anggota dan jamaahnya,” kata Kakanwil

Untuk dapat melakukan pengembangan dan peningkatan dakwah, menurut Kakanwil, Majelis Ta’lim harus dapat melakukan pembaruan di Maluku dan inovasi terhadap peningkatan kualitas sumber daya anggota dan melakukan desain strategi program dan pendekatan dakwah yang tepat dan efektif dengan media komunikasi yang bervariasi dan partisipatif.

Baca Juga  Punya Kecepatan yang Gila, MiG-25 Bikin Ciut NATO dan AS

“Olehnya itu, Majelis Ta’lim tampil aktif di berbagai wilayah menghidupan organisasi, mengemas kegitan yang produktif, membangun hubungan silaturrahmi dengan tujuan menjadikan majelis taklim sebagai majelis ilmu, pengembangan dan peningkatan dakwah islami,” ujar Kakanwil.

Sementara itu, Penasehat Majelis Ta’lim Provinsi Maluku Widya Murad Ismail dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan, Majelis Ta’lim merupakan organisasi perpanjangan tangan pemerintah dalam membina umat Muslim untuk mencintai Alquran serta membudayakan mengaji.

“Saya berharap selain melakukan pertemuan secara rutin, Majelis Ta’lim juga ikut menggalakkan program bidang keislaman seperti sholat subuh berjamaah dan maghrib mengaji dalam lingkungan sosial kehidupan bermasyarakat,” harap Widya

Dirinya berharap agar silaturrahmi Majelis Ta’lim Provinsi Maluku yang berlangsung diawal tahun 2021 akan akan menjadi spirit baru untuk meningkatkan eksisensi peran Majelis Ta’lim di Maluku secara kolektif, dan ditengah situasi pademi covbid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini.

Baca Juga  Jejak Pembunuh Editor Metro TV Terendus Anjing K9, Sempat Mampir ke Warung

Turut hadir mendampingi Kakanwil, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku M. Rusydi Latuconsina, bersama Ibu-Ibu Majelis Ta’lim Kanwil Kemenag Maluku dan Majelis Ta’lim DWP Kanwil Kemenag Maluku.

Sementara mengikuti kegiatan secara virtual yakni jajaran Kemenag Kabupaten dan Kota dan Majelis Ta’lim se-Provinsi Maluku. (Alena/inmas/rs)