Kakanwil Kemenag Maluku Pantau Distribusi Bantuan Covid19 Kemenag Kota Tikep

oleh -135 views
Link Banner

Porostimur.com | Tidore: Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe melaksanakan monitoring lapangan distribusi paket bantuan covid19 dari Kemenag Pusat di Kantor Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan, Senin (11/5/2020).

Jumlah bantuan yang disalurkan sebanyak 46 paket, dengan sasaran bantuan para tenaga honorer pada KanKemenag Tikep, Madrasah baik tingkat RA, MI, MTs maupun MA.

Untuk menghindari kerumunan, penyerahannya langsung kepada Kepala Madrasah untuk diberikan kepada tenaga honorernya masing-masing.

Kegiatan distribusi bantuan Covid19 tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tidore Kepulauan, H. Ibrahim Muhammad, didampingi beberapa pejabat Eselon IV pada jajarannya, tetap menggunakan protap kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak serta disediakan tempat cuci tangan dan selalu dihimbau untuk dilakukan baik sebelum maupun sesudah kegiatan.

Sebelum serah terima dimulai, dalam arahannya Kakanwil, H. Sarbin mengharapkan seluruh ASN Kementerian Agama khususnya Kemenag Kota Tikep baik PNS maupun Honorer selalu menjaga kesehatan sehubungan dengan adanya wabah corona ini, dan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19, seluruh ASN Kemenag Malut dihimbau untuk sementara membatasi ibadahnya beserta keluarga di masjid untuk digantikan di rumah saja,

Baca Juga  Mendagri Singgung Soal Dinas Luar Negeri, Anies Bilang Begini

“Semoga hikmah dari keadaan ini adalah semakin terangnya cahaya dirumah-rumah kita dengan ibadah maupun amal shalih yang kita laksanakan di dalamnya”, jelasnya.

Selain itu Kakanwil juga menghimbau seluruh ASN pada jajarannya, untuk bermalam “Laila”, bermalam “Takbiran” dan “Berlebaran” juga dilaksanakan di rumah masing-masing sebagai upaya membantu Pemerintah dalam melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari pandemi Corona.

H. Sarbin menambahkan walaupun pelaksanaan ibadah bulan Ramadhan kali ini banyak di rumah akan tetapi kuantitas dan kualitas ibadah tetap harus dijaga bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan dari tahun-tahun sebelumnya, menurut beliau walaupun di rumah saja jangan mengendurkan atau mengurangi semangat kita dalam beribadah, bahkan keadaan itu supaya digunakan dengan banyak memperbanyak ibadah serta mendekatkan diri kepada Allah, Kakanwil mencontohkan seperti hataman Alquran 30 juz ataupun bagi yang sudah biasa menghatamkan satu kali bisa ditingkatkan menjadi dua atau tiga kali.

Baca Juga  Ini Sosok Brigadir NS yang Cabuli Mertua, HP Banyak Foto Wanita Lansia

“Selain untuk diri kita marilah kita hatam Al-Quran khusus diperuntukan untuk Bapak Ibu ataupun orang-orang kita kasihi yang sudah meninggal dunia, semoga dapat menjadi cahaya serta penghibur mereka disana”, terangnya.

Tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan sesama ASN Kemenag terutama dalam menghadapi wabah covid-19, juga menjadi arahan yang disampaikan Kakanwil, menjaga komunikasi, salam dan sapa harus selalu kita laksanakan meskipun tidak secara langsung melainkan melalui media sosial atau internet, begitu juga ketika nanti saat kemenangan di hari Idul Fitri mengucapkan selamat serta halal bihalal tetap dilaksanakan walaupun menggunakan sarana media sosial, dengan begitu H. Sarbin berharap ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah Wathaniyah, maupun rasa kebersamaan sesama instansi tetap terjaga dan kuat.

Baca Juga  YAMIN-ADA Gelar Pelatihan Saksi TPS

Terakhir Kakanwil menyampaikan, bahwa dirinya beserta jajaran menyambut baik serta mendukung Tim gugus penanganan covid-19 Provinsi Maluku Utara yang akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun PSBR atau Pola Sederhana Berlebaran di Rumah maupun upaya-upaya yang lain dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona. (red/inmas)