Kakanwil Kemenag Maluku: Tata Kelola Rumah Ibadah Buddha Penting Ditingkatkan

oleh -11 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag Membuka Kegiatan Pembinaan Manajemen Rumah Ibadah Agama Buddha di Golden Palace Hotel Ambon, Jumat (26/2/2021).

Kegiatan dengan Tema” Tingkatkan Tata Kelola Rumah Ibadah Agama Buddha” turut dihadiri Ketua Walubi Provinsi Maluku Wilhelmus Jauwerissa, beserta Pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan pembinaan manajemen rumah Ibadah Agama Buddha dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola rumah ibadah agama Buddha serta pelayanan kepada umat Buddha.

“Upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan rumah ibadah harus terus dilakukan dan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada umat dalam menjalankan aktifitas keagamaan di rumah ibadah,” ujar Kakanwil

Link Banner

Dikatakan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama senantiasa memberikan penguatan dan perhatian dengan berbagai program yang diberikan kepada rumah ibadah, baik dalam bentuk pembinaan manajemen atau tatakelola rumah ibadah maupun fasilitasi atau bantuan rahabilitasi, renovasi dan pembangunan rumah ibadah.

Baca Juga  Selamat Tahun Baru 2020

“Pada Tahun ini Direktorat Jenderal Bimas Buddha melalui Kanwil Kemenag Maluku akan memberikan bantuan rehab kepada Vihara Dharma Agung Kota Ambon dan Vihara di Kabupaten Kepulauan Aru, sehingga diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan kualitas beribadah bagi umat Buddha,” kata Kakanwil

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga mengajak para peserta untuk mensosialisais Gerakan 5M yakni Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Membatasi mobilisasi dan interaksi serta ikut bersama pemerintah dalam pembangunan di bidang agama.

Sebelumnya, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Sariyono dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas tata kelola rumah ibadah agama Buddha, sehingga mampu berfungsi secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada umat Buddha.

Baca Juga  Rayakan HUT Polair, Polres Malteng Gelar Bersih Pantai

“Seiring berjalannya waktu rumah ibadah tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi pendidikan, sosial, seni budaya dan ekonomi, oleh karena itu rumah ibadah perlu dikelola dengan manajemen yang baik dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada umat Buddha,” pungkas Pembimas. (red/inmas/resi)