Kakanwil Kemenag Malut Berharap Fomakati Ada di Seluruh Kabupaten/Kota

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Tidore: Pensiun memang membuat seseorang kehilangan rutinitas bekerja, tapi bukan berarti kehilangan kesempatan untuk mengabdi dan berkarya.

Begitulah semangat awal yang mendasari berdirinya Forum Komunikasi Purna Bakti Kementerian Agama (FOMAKATI) dengan tujuan sebagai wadah pensiunan Kemenag untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi semua orang hingga akhir hayat.

Organisasi yang menampung Purna Bakti dari seluruh Kementerian Agama tersebut berada di Kota Tidore Kepulauan, walaupun tidak semua anggotanya adalah pensiunan dari Kantor Kemenag Tikep, akan tetapi ada juga Purna Bakti dari Kanwil Kemenag Provinsi maupun Kabupaten/Kota lain.

Semangat persatuan sesama anggotanya dalam menjalani hari-hari purna tugas dalam kebermanfaatan adalah rasa senasib, keinginan untuk berbuat baik, serta persamaan asal daerah yang sama, yakni Kota Tidore.

Demikian penjelasan sekilas Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, ketika ditanya tentang Organisasi Fomakati usai melaksanakan kegiatan silaturahim ke rumah Duda dan Janda Pensiunan Kemenag di Tidore Kepulauan, pada hari Rabu (01/01/2019).

Baca Juga  KNPI Maluku Minta Pemerintah Serius Tangani Masalah Virus Corona

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan harapannya bahwa Fomakati dan organisasi sejenis agar dibentuk serta diaktifkan diseluruh Kabupaten Kota di Maluku Utara, sehingga dapat menjadi mitra Kementerian Agama terutama dalam mensosialisasikan program kerja, maupun penyampai informasi pemerintah kepada masyarakat.

“Saya selalu terharu sekaligus termotivasi melihat kukuhnya semangat para senior-senior kita dalam berbuat kebaikan, inilah yang harus kita tiru, walaupun raga sudah tidak seperti dulu lagi tapi semangat yang membuat mereka kelihatan muda, mereka adalah teladan kita” tutup H. Sarbin.

Perlu diketahui Fomakati Tidore Kepulauan mempunyai kegiatan diantanya pertemuan rutin bulanan (arisan) yang biasanya diawali dengan membaca Surat Yasin secara bersama-sama, kemudian dilanjutkan ramah tamah dengan banyak membicarakan permasalahan keumatan, dimana kadang menjadi masukan Kemenag maupun pemerintah daerah dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Baca Juga  Kurt Cobain Disebut Sebagai Penulis Lagu Terhebat Era 90-an

Kadang kegiatan kemudian dilanjutkan dengan “anjangsana” yakni berkunjung ke rumah anggota yang  sakit atau yang membutuhkan sebagai wujud silaturahmi bantuan moril maupun materiil.

Selain itu Fomakati Kota Tidore juga mendukung program Kemenag diantaranya aktif dalam salah satu program GIAT Kemenag Malut, yakni Malam Jumat Mengaji “MJM” dan Safari Jumat dimana didalamnya diselipkan kegiatan sosialisasi haji, zakat, serta ibadah keagamaan yang lain. (adhy/inmas)