Kakanwil Kemenag Malut Beri Bimbingan Manasik Haji Mandiri di Halut

oleh -94 views
Link Banner

Porostimur.com | Tobelo: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe memberikan bimbingan Manasik haji Mandiri bagi Jamaah Calon haji (JCH) Kabupaten Halmahera Utara yang dilaksanakan di Mesjid Agung Al-Amin Tobelo pada Jumat (21/02/2020) kemarin.

Saat memberikan Bimbingan, Kakanwil mengatakan, pra manasik dan manasik mandiri menjadi sangat penting dilaksanakan, Karena berdasarkan pengalaman, banyak jemaah yang manasiknya tidak tuntas, Ketika melaksanakan ibadah haji banyak yang masih tidak paham Rukun dan wajib haji, Padahal ungkap Kakanwil, ada rangkaian rukun haji yang harus disempurnakan.

“Masih ada yang menyepelekan hal ini padahal untuk berhaji harus antri bertahun-tahun, dan menyiapkan dana yang tidak sedikit, namun pada akhirnya ketika disana kebingungan,” ujarnya. 

Baca Juga  Ekspor Perikanan ke Jepang Kini Bisa Langsung dari Manado

Karena itu, ia mengajak jemaah haji untuk memperbaiki niat haji dan menyiapkan betul waktunya untuk mengikuti manasik yang diselenggarakan Kementerian Agama, baik ditingkat kecamatan maupun ditingkat Kab/kota

Selain pentingnya mengikuti Manasik, H. Sarbin Juga menyampaikan pentingnya bagi JCH untuk menjaga kesehatan , baik itu menjaga pola makan, sering berolahraga dan banyak berdoa kepada Allah karena ibadah haji adalah ibadah fisik.

” Salah satu kewajiban melaksanakan ibadah haji ditujukan bagi umat Islam yang mampu (Istithaah) baik secara materi, fisik maupun mental, termasuk didalamnya adalah Istithaah Kesehatan Bagi Jamaah

Kegiatan Manasik haji Mandiri yang di laksanakan oleh Kemenag Halmahera Utara ini Manasik hadiri oleh Kasubag Keagamman Kesra Pemda Halut Yunus Aleman, S.Ag, Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Lutfi Bakence, Kasi PHU Rustam S Jafar serta H. Hamdan Lutfi yang juga sebagai pemateri. (adhy/inmas)