Kakanwil Kemenag Malut Buka Rakor Pendis Tahun 2020

oleh -64 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, membuka secara resmi Rapat Koordinasi bidang Pendidikan Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, pada hari Sabtu (22/02) kemarin, di Aula Asrama Haji, Ngade, Ternate.

Rakor yang bertujuan sebagai peningkatan integrasi dan validitas data pendidikan tersebut diikuti oleh Kepala Kankemenag, Kasi Pendis, Kepala Madrasah, Pengawas Madrasah, Perwakilan Guru dan Operator Madrasah se-Maluku Utara.

Dihadapan peserta, Kakanwil H. Sarbin Sehe menjelaskan bahwa saat ini berbagai macam aplikasi telah tercipta sebagai penunjang kerja, terutama pada lembaga pendidikan madrasah, namun sebaik apapun sistem yang terbangun pada sebuah aplikasi, kunci utama keberhasilan pencapaian kerja adalah sumber daya manusia yang memegang aplikasi tersebut. Oleh sebab itu itu integritas dan profesionalitas SDM masih menjadi kunci penentu atau aktor utama keberhasilan sebuah pekerjaan.

Baca Juga  SMKN 5 Ambon Gunakan PBM Sistem Daring

Aspek-aspek pendidikan harus selalu ada dan takkan tergantikan oleh sistem, “Guru harus ada, siswa juga harus ada, begitu juga lembaga, sarana prasarana, semua tak akan tergantikan oleh teknologi apapun” ungkap Kakanwil.

Oleh sebab itu lanjut Kakanwil mengharapkan dalam Rakor tersebut Aspek Kelembagaan Madrasah dapat dituntaskan dimana salah satunya adalah sertifikat tanah madrasah. “Ibarat rumah tempat tinggal kita, bagaimana kita akan membangun dan memperbagus jika asal asul dari tanah tempat berdirinya bangunan rumah kita tidak jelas ?” Tanya Kakanwil.

Begitu juga dengan nomor statistik madrasah, terutama pada madrasah swasta juga harus dituntaskan, “Saya berharap para Kepala madrasah, Kasi Pendis Kab/Kota dan Kanwil untuk duduk bersama-sama, berembug bagaimana mencari solusi permasalahan kelembagaan madrasah sampai tuntas”tegas H. Sarbin.

Baca Juga  Warga Halmahera Utara Serahkan Senjata & Granat ke Satgas Yonarmed 9 Kostrad

Selain itu Kakanwil juga menghimbau kepada perencanaan Pendis untuk memetakan dalam pemerataan kebutuhan sarana prasarana Madrasah, sehingga kedepan pemenuhan kebutuhan sarpras dapat adil dan merata di setiap kabupaten dan kota. Begitu juga menyangkut kenaikan dana bos, H. Sarbin berharap kepada seluruh Madrasah untuk mengalokasikan dana tersebut sebaik-baiknya dan sesuai regulasi, menurut beliau masih banyak temuan audit dana bos yang sifatnya sama dari tahun ke tahun sehingga mengharapkan pada rakor kali ini adanya sebuah pembahasan tentang kesalahan pengelolaan dana bos, untuk menjadi perhatian kepala madrasah dalam pengelolaan dana bos.

Terakhir H. Sarbin mengucapkan selamat mengikuti Rakor kepada seluruh peserta seraya mengingatkan hasil dari Rakor jangan hanya menjadi dokumen-dokumen yang memenuhi rak-rak, akan tetapi hasil rakor harus menjadi landasan kerja dalam peningkatan mutu pendidikan dan kualitas madrasah Maluku Utara kedepan.

Baca Juga  Kapolda Sumut Apresiasi Pelantikan JMSI Sumut

Sebelumnya, Kepala Bidang Pendidikan Islam, H. Adam Marus dalam sambutannya mengatakan Rakor kali ini memiliki nilai strategis untuk mengembangkan pendidikan yang lebih cerdas, akomodatif dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.

Tantangan-tantangan pendidikan yang semakin besar membutuhkan koordinasi dalam menyatukan potensi-potensi dan kekuatan yang dimiliki dalam upaya menjawab tantangan tersebut. “Jadikan Rakor ini ajang merancang pendidikan agama dengan dasar data yang akurat, sehingga perencanaan kerja kedepan dapat matang dan terarah sesuai visi misi pendidikan”, ujarnya.

Terakhir H. Adam menghimbau kepada peserta baik Kasi Pendis, Kepala Madrasah, Pengawas dan Operator memberikan data-data yang akurat serta serius dalam upaya menata pendidikan agama Maluku Utara kedepan. (adhy/inmas)