Kakanwil Kemenag Malut Buka Ujian PAI Tingkat SMA di SMAN 10 Ternate

oleh -67 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe membuka dengan resmi ujian Pendidikan Agama Islam tingkat SMA di SMAN 10 Ternate, Senin (16/3/2020).

Kegiatan tersebut mempunyai maksud untuk melihat secara langsung proses Ujian PAI Tahun 2020 di mana pada tahun ini telah menggunakan basis Komputer dan Android. Pada kesempatan itu Kakanwil didampingi Kasi Pendidikan Agama Islam, H. Abdurrahman Assagaf.

Didepan peserta ujian dan dewan guru SMAN 10 Ternate, Kakanwil menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan YME dapat hadir di SMA 10 Ternate pagi ini, beliau berharap anak-anak dapat mengikuti ujian dengan baik, “Adik-adik berlayarlah dengan pikiran sendiri dan jangan berlayar dengan pikiran orang lain karena hal tersebut adalah perbuatan mulia dan kebanggaan tersendiri dengan percaya pada diri sendiri”, ucap Kakanwil.

Baca Juga  Satgas Yonarmed 9 Kostrad Latih PBB di SMPN 2 Waisakai

H. Sarbin melanjutkan bahwa ujian hari ini dengan basis komputer, ini berarti nilai kejujuran kita dalam mengerjakan soal telah dituntut untuk dilaksanakan, teknologi telah meembantu untuk hidup dalam profesionalitas dan integritas, mandiri, percaya pada diri sendiri dengan harapan terbentuk karakter yang tangguh generasi penerus bangsa.

Melalui kesempatan itu juga Kakanwil mengucapkan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada bapak ibu guru pendidikan agama Islam di SMA seluruh Maluku Utara, atas usaha sehingga bisa mengantarkan anak didiknya hingga hari ini.

Beliau juga bepesan bahwa sudah menjadi keinginan bersama bahwa karakter anak didik kita selain cerdas intelektualnya juga cerdas karakter spiritualnya, “Inilah yang kita inginkan bersama dalam upaya pembangunan pendidikan karakter anak didik yang melahirkan generasi penerus berkarakter baik dan mulia”, jelasnya.

Baca Juga  Satgas Yonif RK 732/Banau Terima Apresiasi dari Kunjungan Tim Wasev Sopsad Dalam Rangka Pengawasan Satgas Dalam Negeri

Selain itu Kakanwil juga menghimbau kepada peserta didik untuk terus dan selalu menghargai guru, hal tersebut diutarakan H. Sarbin mengingat semakin banyak video viral di media sosial yang menggambarkan pelecehan seorang murid kepada gurunya.

H. Sarbin juga mengingatkan tentang merebaknya virus covid19 atau lebih dikenal dengan virus Corona, untuk menanggapinya dengan selalu ikhtiar, jangan terlalu takut dan berdoa seraya mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Kuasa agar wabah tersebut cepat selesai serta Maluku Utara dapat terhindar dari bencana pandemik global tersebut.

Masih di tempat yang sama, Kasi PAI menyampaikan harapannya bahwa ujian kali ini berjalan lancar karena untuk pertama kali ujian PAI berbasis komputer atau android, selain itu beliau juga berharap siswa siswi SMA dan sederajat di Maluku Utara dapat menyelesaikan semua soal soal dengan baik dan benar.

Baca Juga  Jalan Seri-Hukurila, PU Kota Ambon rampungkan 3 buah jembatan

Menurut H. Man sapaan akrab Kasi PAI bahwa guru PAI sangat terbantu dalam ujian tahun ini, karena soal-soal ujian disusun oleh guru guru PAI sendiri bukan lagi dari pusat yang sesuai dengan kurikulum K-13.

“Alhamdulillah, Guru PAI di sini mengucapkan terima kasih karena mendapatkan motivasi dengan kedatangan Kakanwil sehingga memberikan semangat tersendiri dalam upaya peningkatan mutu pendidikan agama Islam kepada siswa-siswi kedepannya”, tutupnya. (red/inmas)