Kakanwil Kemenag Malut Pantau Pembangunan Balai Nikah dan Manasik KUA Kec. Pulau Ternate

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe bersama Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam, H. Salmin A Kadir, Kasi Sarana Prasarana KUA, HM. Zabir Wahid, Kasi Bina Haji Reguler Dan Administrasi Dana Haji, H. Syarif Ibrahim Umar dan Kasubbag Umum Dan Humas, Burhanuddin Onde melaksanakan monitoring dan evaluasi pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji, Kantor Urusan Agama Kecamatan Pulau Ternate pada hari Rabu (26/8/2020) di Kota Ternate.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengawal proses pembangunan gedung yang menggunakan dana SBSN, sebagai upaya peningkatan pelayanan nikah dan bidang agama lain kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate.

Baca Juga  Komnas HAM Minta Pilkada 2020 Ditunda

Pada kesempatan tersebut, selain turun langsung mengamati progres pembangunan, kepada pejabat yang berkaitan langsung dengan tusi pada Pemberdayaan KUA Kecamatan yang hadir, Kakanwil memerintahkan untuk tidak jemu-jemu, terus mengawal dan mengawasi jalannya pembangunan fasilitas pemerintah untuk masyarakat melalui Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara tersebut.

Ada beberapa harapan H. Sarbin Sehe yang disampaikan, yaitu; melihat perkembangan pembangunan Balai Nikah Dan Manasik Haji Kecamatan Pulau Ternate yang prosentase penyelesaiannya saat ini kurang lebih di atas 48 persen itu, Kakanwil berharap dan mengajak semua komponen, kepada Kabid Bimas Islam/PPK mengawasi pekerjaan dilapangan sehingga pelaksanaan pembangunan itu tepat waktu sesuai dengan masa kontrak, bahkan jika dimungkinkan gedung dapat diselesaikan sebelum masa kontrak berakhir sehingga dapat digunakan pelayanan nikah dan rujuk khususnya di Kecamatan Pulau Ternate.

Link Banner

Kepada penyedia jasa konstruksi agar kualitas bangunannya di jaga sehingga bangunan tersebut bisa memenuhi standar kelayakan gedung sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR, dan kepada konsultan pengawasan agar mengawasi secara professional, efektif dan optimal dalam pelaksanaan item-item pekerjaan.

Baca Juga  Senja dan Cerita

Dan kepada semua pihak H. Sarbin Sehe juga berharap agar bekerja secara optimal dan terus ikut mengawasi pekerjaan bangunan yang sedang berlangsung ini, Kakanwil juga mengapresiasi atas perkembangan pekerjaan penyedia jasa konstruksi ini dan diharapkan bisa selesai sebelum masa kontrak berakhir.

Pada kesempatan ini kepada Humas, Kabid Bimas Islam, H. Salmin menjelaskan bahwa sesuai arahan Kakanwil pihaknya akan selalu mengawal serta mengawasi proses pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik dengan baik.

Menurut Kabid Bimais, pembangunan gedung yang sama dan dibiayai melalui SBSN tersebut saat ini bukan hanya di Ternate saja melainkan ada dibeberapa titik di Kabupaten/Kota se-Maluku Utara, oleh sebab itu perlu kerja keras dan kerja sama antara Kanwil dengan Kemenag Kab/Kota ataupun unit pelayanan dalam pengawasan tersebut. (red/inmas)