Kakanwil Kemenag Malut Silaturahim Bersama Baznas Kab. Halsel

oleh -38 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Kakanwil Kemenag Prov. Maluku Utara, H. Sarbin Sehe, di dampingi Kepala KanKemenag Kab. Halmahera  Selatan, H. La Sengka La Dadu dan Kabid Bimas Islam, H. Salmin Abd. Kader, pada hari Senin, (2/11/2020) kemarin, melaksanakan silaturahim bersama Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Halmahera Selatan, di Hotel Buana Lipu, Labuha.

Silaturahim tersebut bertujuan untuk meningkatkan kerja sama, konsultasi dan koordinasi antara Kemenag dan Baznas, dimana dalam regulasi telah mengatur Kementerian Agama merupakan koordinator, sedangkan Baznas adalah pelaksana teknis, dalam pengelolaan dan pemberdayaan zakat pada masyarakat.

Ketua Baznas Kab. Halsel menjelaskan langkah-langkah dan usaha yang telah ditempuh dalam pengelolaan zakat di Halmahera Selatan, seperti zakat profesi, baik PNS maupun profesi yang lain, serta zakat-zakat yang lain. Dengan banyaknya kendala yang dihadapi, hal tersebut menurutnya belum maksimal.

Baca Juga  33 Peserta Paskibraka Kabupaten Halbar Mulai Diklat

Pada kesempatan tersebut, setelah mendengar penjelasan dari Baznas Halsel, Kakanwil H. Sarbin Sehe mengajak untuk terus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat, dalam upaya meningkatkan penerimaan zakat khususnya zakat profesi ASN.

H. Sarbin memotivasi Komisioner Baznas Halsel yang hadir untuk selalu mengutamakan keikhlasan, sabar, dan selalu semangat dalam mengemban amanah pengelolaan zakat, terutama dalam menghadapi masalah dan kondisi yang ditemui.

Kakanwil juga mengharapkan kepada Baznas untuk terus meningkatkan pengelolaan Baznas salah satunya memperbanyak jumlah mustahiq (orang yang berzakat), baik zakat profesi non PNS, zakat pertanian, zakat peternakan, dengan harapan target pemasukan zakat meningkat dari tahun ke tahun.

Selain itu, diharapkan Baznas dapat lebih menggali potensi sumber daya manusianya dalam memotivasi masyarakat menunaikan zakat, ataupun dapat menggandeng pihak-pihak lain ataupun tokoh masyarakat maupun agama yang mampu menjadi motivator masyarakat.

Sebagai awal langkah koordinasi percepatan peningkatan pemasukan zakat, Kakanwil menunjuk Kepala Kankemenag Kab. Halsel untuk segera menggerakkan ASN pada jajarannya menunaikan zakat profesi melalui Baznas Kab. Halsel.

Baca Juga  Hasil La Liga: Real Sociedad vs Real Madrid 0-0. Simak 5 Fakta Menarik Ini

“Bentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ), bulan depan seluruh ASN Kankemenag Halsel sudah harus tunaikan zakat melalui Baznas”, jelasnya.

Melalui silaturahim itu juga, Kakanwil menghimbau kepada masyarakat muslim Halmahera Selatan untuk menunaikan kewajiban zakat melalui Baznas, karena menurut Kakanwil zakat adalah salah satu penggerak perekonomian dari umat untuk umat.

Kakanwil juga mengapresiasi Baznas Kab. Halsel yang telah berupaya selama ini, melakukan langkah dan usaha dalam pengelolaan zakat di Kabupaten Halmahera Selatan. (adhy/inmas)