Kakanwil Kemenag Malut Silaturahim Bersama Baznas Kepulauan Sula

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Kakanwil Kemenag Prov. Maluku Utara, H. Sarbin Sehe dan rombongan, melaksanakan silaturahim bersama Komisioner Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kepulauan Sula, di Sanana, Senin (5/10/2020).

Ikut bersama Kakanwil, Kepala Kantor Kemenag Kab. Sula, H. Saiful Djafar Arfa, Kabid Bimas Islam, H. Salmin Abd. Kader, Kasi Zakat dan Wakaf, H. Jailani Umar, Kasi Bimas Islam Kemenag Sula, Bobby Fachruddin, Kasi Penais, H. Dahlan Saidi dan Kasubag Humas dan Umum, Burhanuddin Onde, serta Kasubag TU Kemenag Sula, Amas Manila dan beberapa ASN Kemenag.

Sementara itu dari Komisioner Baznas Kab. Sula, hadir H. Marzuki Sapsuha, Mustaman Lubis, H. Salim Banan dan Noho Sapsuha dan beberapa ASN Pelaksana. Pada kesempatan tersebut, Ketua H. Amir Soamole berhalangan hadir karena disebabkan suatu hal.

Baca Juga  Sekda Kepulauan Sula Buka Kegiatan TMMD Ke-110, Dua Desa ini Jadi Prioritas

Silaturahim lebih ditujukan untuk meningkatkan kerja sama, konsultasi dan koordinasi antara Kemenag dan Baznas, dimana dalam regulasi telah mengatur Kemenag merupakan koordinator, sedangkan Baznas adalah pelaksana teknis pengelolaan dan pemberdayaan zakat.

Pada kesempatan tersebut, dari Baznas muncul harapan, bahwa dalam upaya meningkatkan kinerja dalam pemberdayaan zakat, khususnya di Kabupaten Kepulauan Sula, diminta adanya alokasi SDM Kemenag untuk Baznas sebagai dukungan kearah tersebut.

Selain itu dari Komisioner mengharapkan dukungan fasilitas berupa Kantor tempat kedudukan Baznas berada, dimana saat ini menggunakan eks Kantor KUA yang belum jelas status penggunaannya.

Permintaan dukungan tersebut langsung ditanggapi positif oleh Kakanwil, H. Sarbin Sehe, dengan mengiyakan keinginan Baznas dalam beberapa langkah yang akan segera ditempuh.

Langkah tersebut adalah Kakanwil menginstruksikan langsung Kepala Kankemenag Sula, Kasubag TU dan Kasi Bimas Islam untuk segera memproses izin penggunaan eks Kantor KUA kepada Baznas Kab. Sula secara resmi dan teradministrasi.

Baca Juga  Walhi Nilai Jokowi Bisa Tindas Rakyat Demi Investasi

Langkah kedua masih kepada Kepala Kankemenag Sula, dan Kasubag TU, H. Sarbin menginstruksikan untuk menganalisa hasil analisis jabatan, dengan maksud dapat menentukan alokasi ASN yang dapat ditempatkan di Baznas Kabupaten Sula, dengan tetap dibiayai oleh Kementerian Agama.

Kakanwil pada kesempatan tersebut juga mengharapkan kepada Baznas untuk terus meningkatkan pengelolaan Baznas, memperbanyak jumlah mustahiq (orang yang berzakat), bukan hanya zakat profesi ASN, malainkan dapat dikembangkan hingga menyentuh zakat pertanian, zakat peternakan maupun zakat profesi lainnya, dengan harapan target pemasukan zakat meningkat dari tahun ke tahun.

Oleh sebab itu, diharapkan Baznas dapat lebih menggali potensi sumber daya manusianya dalam memotivasi masyarakat menunaikan zakat, ataupun dapat menggandeng pihak-pihak lain ataupun tokoh masyarakat maupun agama yang mampu menjadi motivator masyarakat khususnya umat Islam, untuk membangkitkan semangat dalam menunaikan zakat.

Baca Juga  Lantamal IX Ambon Uji Latih Mahasiswa STIKES Maluku Husada Problem Evakuasi Madis Laut

Terakhir, H. Sarbin atas nama Kanwil Kemenag Prov. Maluku Utara dan jajarannya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih, kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, yang telah memberi dukungan kepada Baznas berupa alokasi anggaran operasional yang begitu besar setiap tahunnya.

Pada kesempatan tersebut, melalui perwakilan Komisioner Baznas Kab. Kepulauan Sula, mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil dan rombongan, atas kunjungan, silaturahim dan dukungan yang telah diberikan, dan berharap kerja sama antara Baznas dan Kemenag terus terlaksana, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Maluku Utara. (red/inmas)