Kakanwil Kemenkumham Maluku Luncurkan Aplikasi LITPAS-KUMHAM

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku meresmikan penggunaan Aplikasi Layanan Izin Penelitian Pemasyarakatan Kemenkumham (LITPAS-KUMHAM).

Launching Aplikasi layanan publik berbasis website tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Kanwil Maluku, Andi Nurka saat apel pegawai, Senin (25/10/2021).

Dalam keterangannya Andi mengungkapkan bahwa inovasi ini merupakan wujud komitmen Kanwil Maluku dalam mewujudkan layanan publik yang prima bagi masyarakat.

“Kita terus berinovasi untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Inovasi ini sangat bagus karena dapat menjangkau seluruh masyarakat di wilayah provinsi Maluku yang ingin melakukan penelitian di Lapas, Rutan, LPKA, Bapas dan Rupbasan”, terang Andi.

Ia menambahkan bahwa mahasiswa atau peneliti yang berdomisili dari luar pulau Ambon juga tidak perlu lagi datang ke Kanwil baik lewat transportasi laut maupun udara hanya untuk membawa surat permohonan izin penelitian.

Baca Juga  Langkah Erick Thohir Tarik Perwira Aktif TNI/Polri ke BUMN Dikecam

“Melalui aplikasi ini, mereka yang ada di namlea, tual, saumlaki dan pulau-pulau lainnya cukup mengunggah persyaratan yang diminta, selanjutnya kami proses dan kirimkan kembali maka mereka sudah bisa melakukan penelitian di Lapas/Rutan terdekat mengingat wilayah kita adalah wilayah kepulauan”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Kakanwil juga mengapresiasi kinerja jajaran Divisi Pemasyarakatan (Divpas) Maluku yang mampu membangun aplikasi layanan publik tersebut.

“Saya berharap dari Divisi lain juga bisa melakukan inovasi seperti yang dilakukan jajaran Divpas”, tambahnya.

Sementara itu, pelaksana Tugas (Plt) Kadivpas Maluku, Saiful Sahri, yang hadir dalam kegiatan launching tersebut menjelaskan bahwa kemajuan teknologi informasi saat ini menuntut sistem birokrasi harus diupgrade ke sistem berbasis IT.

Baca Juga  2 Polisi di Maluku Jual Senjata ke KKB, Kapolda Papua: Lambat atau Cepat yang Terlibat Pasti Ditangkap

“Masyarakat terkhusus mahasiswa milenial akan memilih sesuatu yang lebih mudah, cepat dan efisien, dan itu yang coba kami berikan lewat inovasi ini”, ujar Saiful.

Ia berharap hal ini akan menjadi motivasi bagi seluruh instansi pemerintah dalam mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat.

Launching yang dilakukan hari ini adalah momen istimewa bagi Kanwil Maluku mengingat tanggal 25-26 oktober 2021 merupakan kegiatan Pelayanan Publik serentak seluruh Indonesia yang telah terjadwalkan berdasarkan Surat Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Nomor : SEK-UM.04.01-149 tanggal 23 September 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021.

Aplikasi LITPAS-KUMHAM sejatinya merupakan Aktualisasi Latsar CPNS 2021 atas nama Annisa Mufida Subaedi yang dimotori oleh Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi dan Kerja Sama, Tersih Victor Noya, sebagai mentor. (keket)